Tak Bisa Sumbang Poin Lawan Denmark, Ini Kata Anthony Ginting

Mercy Raya - Sport
Rabu, 29 Sep 2021 17:35 WIB
Indonesias Anthony Sinisuka Ginting competes against Chinas Chen Long during their mens singles badminton semifinal match at the 2020 Summer Olympics, Sunday, Aug. 1, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Dita Alangkara)
Foto ilustrasi Anthony Ginting: (AP/Dita Alangkara)
Jakarta -

Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting tak kuasa menambah poin untuk Indonesia di babak penyisihan Grup C Piala Sudirman 2021 lawan Denmark.

Setidaknya hal itu lah yang diungkapkan Ginting, usai kalah dua gim dari Anders Antonsen, dengan 9-21, 15-21, di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Rabu (29/9/2021).

"Pertama saya bersyukur kepada Tuhan karena saya bisa menyelesaikan pertandingan hari ini tanpa cedera," kata Ginting dalam Youtube BWF.

"Saya pikir Antonsen mengontrol permainan dari gim pertama sampai kedua. Saya berusaha untuk bermain sebaik mungkin untuk mendapatkan poin. Tapi Antonsen bermain lebih baik," ujarnya menyoal jalannya pertandingan.

Pada gim kedua, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu sejatinya mampu mengimbangi permainan Antonsen setelah menyamakan kedudukan menjadi 8-8. Tapi sayang peluang itu hilang, Anthony Ginting kembali tertinggal dan gagal dalam permainan.

"Saya sempat berdiskusi dengan pelatih bahwa saya harus mencoba untuk bermain lambat, karena sejak awal Antonsen bermain cepat dan dia mengontrol setiap pukulan, dia mengambil semua serangan. Dari itu, saya coba kontrol ritme permainan saya," kata Ginting.

"Saya pikir itu karena smes dan pukulan saya saat menyerang yang tidak berjalan baik. Sebab, shuttlecock berjalan lambat. Tapi itu bukan alasan buat saya karena lawan merasakan yang sama."

"Saya berusaha memenangkan poin selama yang saya mampu. Tapi Antonsen bermain lebih baik dari saya," dia menutup.

Kekalahan Anthony Ginting membuat Indonesia sementara ini tertinggal 1-2 dari Denmark. Sebelumnya, tunggal putri Putri Kusuma Wardani juga gagal mempertahankan keunggulan Merah Putih setelah tumbang melawan Mia Blichfeldt 11-21, 21-16, 14-21.

Sampai berita ini tayang, partai keempat sedang dimainkan yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Maiken Fruergaard/Sara Thygesen. Greysia/Apri merebut game pertama.

(mcy/krs)