Jatim Berpeluang Kawinkan Gelar Juara Tenis Beregu di PON Papua

Mercy Raya - Sport
Kamis, 30 Sep 2021 18:25 WIB
Aldila Sutjiadi
Jawa Timur berpeluang kawinkan emas Tenis nomor beregu di PON Papua. (Foto: dok. PB PON)
Jayapura -

Jawa Timur berpeluang mengawinkan gelar juara tenis nomor beregu di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Tim beregu putri dan beregu putranya sukses mengamankan tiket final.

Bertanding di Arena Tenis Lapangan kawasan perkantoran Walikota Jayapura, tim beregu putri Jatim harus menang susah payah saat menghadapi tim Papua di babak semifinal tenis beregu putri, Kamis (30/9/2021).

Petenis nasional Aldila Sutjiadi yang tampil sebagai tunggal putri pertama bahkan harus kehilangan set pertama lebih dulu untuk dapat mengamankan poin kemenangan.

Menghadapi wakil tuan rumah, Novela Rezha, peraih medali emas Asian Games 2018 itu menyerah pada set pertama dengan skor 5-7. Beruntung, Aldila berhasil mengembalikkan keadaan setelah menang set kedua dengan skor 6-3.

Ia juga mempertahankan keunggulan di set ketiga dengan skor telak 6-1. Jawa Timur pun sukses merebut poin pertama.

Aldila mengaku tidak bermain cukup baik pada set pertama. "Tapi di set kedua dan ketiga saya bisa lebih fokus dan membalikkan keadaan. Saya lebih percaya diri lagi set kedua dan ketiga," kata Aldila seperti dikutip dari Kantor Berita Antara.

Keunggulan Jawa Timur tak dimanfaatkan dengan baik oleh pemain kedua Jessy Rompies. Menghadapi sesama pemain Pelatnas, Priska Madelyn Nugroho, Jessy harus takluk dengan skor 5-7 dan 2-6. Jawa Timur gagal menang setelah Papua membuat kedudukan imbang menjadi 1-1.

Bersama Beatrice Gumulya, Aldila kembali turun ke lapangan untuk menghadapi Priska yang berduet dengan Septiana Nur Zahiroh di partai ganda. Hasilnya, keduanya mampu menang straight set 7-5, 7-6(2).

"Kami cukup waspada di ganda karena memang ganda itu formasinya cepat. Tapi kami bersyukur akhirnya bisa menang dan masuk babak final," ujarnya.

Selanjutnya, Aldila dkk akan memperebutkan medali emas melawan DKI Jakarta yang juga telah mengamankan tiket final usai mengalahkan Papua Barat 2-0.

Kesuksesan tim beregu putri Jawa Timur juga turut diikuti tim beregu putra yang dipimpin pemain senior Christopher Rungkat.

Mereka menang 2-0 atas Papua Barat. Christopher dkk akan menghadapi tim Bengkulu, yang juga sukses amankan tiket partai puncak usai menumbangkan Kalimantan Timur 2-0.

Final nomor beregu putri PON Papua akan dihelat pada Minggu (3/10). Adapun cabang olahraga tenis dijadwalkan bertanding hingga 7 Oktober mendatang.



Simak Video "Berkah PON XX, Potensi Pariwisata Papua Kini Mulai Terpetakan"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)