Mantan Atlet Lari Gawang Maria Aibekap Bawa Obor PON Papua ke Wamena

Wilpret Siagian - Sport
Kamis, 30 Sep 2021 15:10 WIB
Mayor Laut (S) Maria Aibekap
Mantan atlet lari gawang, Maria Aibekap, membawa obor PON 2020. (Foto: detikcom/Wilpret Siagian)
Biak -

Mantan Atlet lari gawang era 90-an, Mayor Laut (S) Maria Aibekap, didapuk membawa obor PON Papua ke Wamena dari Biak. Putri daerah Biak itu menerima estafet dari Susi Susanti.

Obor PON Papua di arak melewati 5 tanah adat Bumi Cenderawasih. Start dari Sorong, nanti akan finis di Jayapura. Pada, Kamis (30/9/2021), obor pun sudah sampai di Biak.

Maria Aibekap salah satu Putri terbaik Papua yang saat ini masih aktif di TNI AL bermarkas di Lantamal X Jayapura dengan jabatan Kasubag Dalku Kuwil Lantamal X.

Mayor Laut Maria Aibekap merupakan mantan atlet Lari gawang di era 1990-an, terpilih menjadi salah satu pembawa api obor PON Papua bersama seperti lainnya para mantan atlet seperti Yayuk Basuki, Lisa Rumbewas, Pino Bahari, dan Farnklin Burumi.

Pembukaan PON XX Papua direncanakan digelar pada 2 Oktober 2021. Presiden RI Joko Widodo direncanakan membuka pesta olahraga nasional di Stadion Lukas Enembe di Jayapura.

Saat ini, beberapa cabor olahraga di PON Papua sudah dipertandingkan atau diperlombakan. DKI Jakarta sementara ini ada di posisi teratas klasemen medali PON Papua dengan raihan 18 emas, 9 perak, dan 10 perunggu. Tim tuan rumah ada di posisi kedua dengan raihan 13 emas, 4 perak, dan 9 perunggu.



Simak Video "Berkah PON XX, Potensi Pariwisata Papua Kini Mulai Terpetakan"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/nds)