Piala Thomas-Uber: Tim Bulutangkis Indonesia Negatif COVID-19

Mercy Raya - Sport
Rabu, 06 Okt 2021 17:30 WIB
GOLD COAST, AUSTRALIA - APRIL 05:  A detail view of a badminton raquet and shuttlecock during the Badminton Mixed Team Group Play Stage - Group A on day one of the Gold Coast 2018 Commonwealth Games at Carrara Sports and Leisure Centre on April 5, 2018 on the Gold Coast, Australia.  (Photo by Scott Barbour/Getty Images)
Ilustrasi (Getty Images)
Jakarta -

Rombongan Indonesia yang mengikuti Piala Thomas dan Uber 2020 sudah dinyatakan negative COVID-19. Hendra Setiawan dkk pun sudah boleh latihan.

Kepastian hasil tes itu diumumkan PBSI melalui keterangan tertulisnya pada Rabu (6/10/2021). Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI Rionny Mainaky mengatakan tes dilakukan kemarin dengan metode saliva (air ludah).

Dengan hasil tes negatif tersebut, tim Indonesia diizinkan berlatih di luar hotel. Sayangnya, latihan teknik yang seharusnya digelar sore nanti batal dilakukan karena pihak panitia belum memberikan kepastian jadwalnya.

"Karena jadwal untuk latihan teknik di lapangan bulutangkis belum ada, sore nanti kita latihan jogging di taman sebelah hotel saja. Pokoknya pemain harus bergerak agar sehat, dan menjaga kondisi," kata Rionny.

Sebelum ini, tim bulutangkis RI telah melakukan latihan ringan dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Hotel Scandic, pada Rabu (6/10) pagi mulai pukul 07.00 waktu setempat.

Latihan bagi pemain putra yang terdiri atas 4 pemain tunggal dan 8 pemain ganda, pun harus dibagi. Ini karena ruangan fasilitas gym sangat kecil. Ukurannya sekitar 4X5 meter persegi.

"Harus pintar-pintar menyiasati minimnya fasilitas gym yang sangat terbatas di hotel sini," tutur Rionny.

Sementara itu, kepala pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi, mrengatakan latihan ringan ini dilakukan untuk menjaga kondisi pemain supaya otot-ototnya kembali pulih.

"Ya supaya menjaga kebugaran dan lebih fresh kondisinya," ujar Herry.

Setelah selama satu jam berlatih, giliran tim Piala Uber yang berlatih mulai pukul 08.00 waktu setempat. Greysia Polii dkk melakukan latihan kebugaran secara bersama-sama seperti yang diinstruksikan pelatih fisik Ari Subarkah.

(mcy/aff)