Jonatan Christie kok Kiri Sendiri?

Randy Prasatya - Sport
Senin, 18 Okt 2021 15:45 WIB
Jonatan Christie of Indonesia reacts after winning against Denmarks Anders Antonsen during the Thomas Cup mens team semifinal badminton match in Aarhus, Denmark, Saturday, Oct. 16, 2021. (Claus Fisker/Ritzau Scanpix via AP)
Jonatan Christie menjadi penentu Indonesia di final Piala Thomas 2020. Foto: (AP/Claus Fisker)
Jakarta -

Jonatan Christie menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang meletakkan tangan kiri di sisi kanan dada saat lagu kebangsaan diputar pada ajang Piala Thomas 2020. Ada apa gerangan?

Indonesia menjadi juara Piala Thomas 2020 setelah mengalahkan China 3-0 di babak final. Dalam pertandingan yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021), Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Jonatan Christie yang menjadi penentu kemenangan.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian dikumandangkan setelah penyerahan bucket bunga, medali, dan piala. Seluruh pemain meletakkan tangannya di dada, tanpa ada gerakan hormat karena bendera Indonesia tidak dikibarkan akibat sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA).

Nah, Jonatan menjadi satu-satunya orang di skuad Indonesia untuk Piala Thomas yang meletakkan tangan kiri ke dada sisi kanan. Lainnya meletakkan tangan kanan di dada sisi kiri.

Apa yang dilakukan Jonatan ternyata merujuk pada letak bendera Indonesia di jaket tim. Mungkin itu menjadi cara pemain yang akrab disapa Jojo untuk menyiasati ketiadaan bendera Merah-Putih.

Jika ada bendera Indonesia yang dikibarkan, hal yang biasa dilakukan adalah memberi hormat sampai lagu kebangsaan selesai.

Salah satu netizen menanggapi hal itu dengan candaan. Disebut kalau Jojo sengaja tidak dikasih tahu oleh Kevin Sanjaya karena tidak saling berteman di media sosial Instagram.

"Ini sih kompak 'eh nanti kalo lagu Indonesia raya pake tangan kanan yang di dada ya, Jojo jangan dikasih tau.' Mungkin kevin yang beri instruksi ini, mereka kan ga mutualan IG," tulis akun @hideoakihiro.

Ada pula netizen yang menyebut bahwa instruksi dibuat saat Jojo sedang bermain dan kebetulan menjadi pemain yang memastikan gelar juara sesegera mungkin. Nah, saat sudah mengunci gelar Jojo lupa diberita tahu hasil instruksi.

Ada-ada saja netizen!

Lihat juga video 'Bungkam Malaysia 3-0, Indonesia ke Semifinal Piala Thomas!':

[Gambas:Video 20detik]



(ran/aff)