7 Bulan Tak di Pelatnas, Apa Kabar Fitriani?

Mercy Raya - Sport
Rabu, 27 Okt 2021 18:01 WIB
Fitriani
Apa kabar Fitriani usai 7 bulan tak di pelatnas PBSI? (Foto: dok.PBSI)
Jakarta -

Eks tunggal putri andalan Indonesia, Fitriani, untuk kali pertama bakal tampil di kejuaraan bulutangkis nasional. Pertandingan ini akan menjadi yang pertama sejak ia dicoret dari Pelatnas.

Fitriani dipastikan tak lagi menghuni Pelatnas PBSI sejak Maret 2021. Ia tercoret dalam daftar atlet Pelatnas PBSI 2021 yang telah ditandatangani Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna dan Sekretaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sebelum resmi terdegradasi, namanya memang mulai pudar dari susunan wakil Indonesia yang akan dikirim ke sejumlah turnamen di tahun ini. Salah satunya Asian Leg di Thailand, Januari hingga Swiss Open dan Orleans Masters 2021. Sampai akhirnya, ia dikembalikan ke klubnya PB Exist.

Kini setelah tujuh bulan tanpa kabar Firtiani muncul. Ia akan kembali bertanding di kejuaraan bulutangkis nasional bertajuk Akmil Open 2021.

Turnamen berskala nasional dan masuk ranking PBSI ini akan dihelat di GOR Djarum Magelang dan GOR Soeroto Akademi Militer mulai 28 Oktober hingga 7 November 2021. Fitriani akan turun di nomor spesialisnya tunggal putri.

"Yang pasti senang banget bisa bertanding lagi karena sudah lama saya tidak ikut turnamen lagi. Ini turnamen pertama saya sejak Thailand Masters Januari 2020, semoga bisa maksimal dan mendapat hasil terbaik," kata Fitriani dalam jumpa pers virtual, Rabu (27/10/2021).

"Insya Allah saya juga ingin menjadi juara. Semoga diberi kelancaran," imbuhnya.

Diakui pemain ranking 40 dunia ini, kejuaraan nasional ini menjadi jalan untuk dirinya membenahi diri dan bangkit. Ia pun berharap ke depannya tidak hanya tampil di level nasional, tapi turnamen internasional.

"Yang pasti saya ingin ikut turnamen besar ya, cuma untuk saat ini saya harus profesional dan untuk cari biaya keberangkatan agak sulit. Jadi saya jalani dulu semoga bisa mendapat sponsor kembali dan bisa bermain di kejuaraan internasional," tuturnya.

"Selain itu, jika ada kesempatan masuk Pelatnas saya mau tapi coba dulu dan jalani yang ada," Fitriani menegaskan.

Selain Fitriani, eks Pelatnas yang juga turut ambil bagian pada Akmil Open ini ialah ganda putri Ni Ketut Mahadewi Istarani.

Ketut antusias bisa kembali bertanding setelah sekian lama terhenti karena pandemi COVID-19.

"Mungkin sudah hampir dua tahun tidak ada kejuaraan di level nasional dan baru ini ada penyelenggaraan. Saya tentu sangat antusias, apalagi melihat junior-junior juga yang luar biasa semangatnya menyambut kejuaraan ini. Auranya positif banget," kata Ketut.

Ketut akan main di nomor ganda putri dan campuran. Ia berharap bisa juara di dua nomor tersebut.

Adapun kejuaraan Akmil Open 2021 akan diikuti 1.482 peserta. Mereka akan mengikuti pertandingan dari 24 kategori baik putra dan putri dari berbagai kelompok usia yaitu U-11, U-13, U-15, U-17, dan U-19, serta dewasa.

Klub besar pun turut ambil bagian dalam turnamen ini selain PB Djarum dan Exist Badminton Club, juga PB Jaya Raya, hingga PB Mutiara Cardinal.

Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf, mengatakan tingginya antusiasme para atlet bulutangkis dalam mengikuti kejuaraan ini merupakan sinyal postif dalam mempertahankan dan memperkuat keberlangsungan ekosistem bulutangkis nasional.

"Ini bisa kembali menjadi awal ajang regenerasi atlet bulutangkis berkualitas di Indonesia, setelah sebelumnya sempat terhenti karena pandemi," kata Basri.

Adapun turnamen tersebut akan menetapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain mewajibkan peserta swab antigen, juga digelar tanpa penonton.



Simak Video "Jesica Fitriani Tebarkan Energi Positif di Kontes Kecantikan "
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)