ADVERTISEMENT

BWF World Tour Finals 2021: Indonesia Sementara Loloskan 4 Wakil

Mercy Raya - Sport
Selasa, 09 Nov 2021 17:30 WIB
CHOFU, JAPAN - AUGUST 02: Greysia Polii(left) and Apriyani Rahayu of Team Indonesia celebrate as they win against Chen Qing Chen and Jia Yi Fan of Team China during the Women’s Doubles Gold Medal match on day ten of the Tokyo 2020 Olympic Games at Musashino Forest Sport Plaza on August 02, 2021 in Chofu, Tokyo, Japan. (Photo by Lintao Zhang/Getty Images)
BWF World Tour Finals 2021: Indonesia Sementara Loloskan 4 Wakil (Getty Images/Lintao Zhang)
Jakarta -

Indonesia sementara loloskan 4 wakil ke BWF World Tour Finals 2021. Jumlah itu diperoleh dari sektor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Usai menyelesaikan turnamen di German Open, beberapa wakil Indonesia mengalami perubahan poin road to Bali. Terutama dari sektor ganda putra. Sebagai gambaran, BWF World Tour Finals hanya menyajikan pertandingan dar 8 pemain terbaik di klasemen akumulasi poin tur BWF dari lima sektor yang ada.

Menukil tournamen software BWF, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melesat ke peringkat dua, setelah semula berada di ranking 7. Ranking mereka melonjak lima tingkat dengan skor 28.150 poin. Mereka dapat tambahan 9.200 poin usai menjuarai Jerman Open pada akhir pekan lalu.

Disusul Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang menyusul di urutan ke-8 usai mengumpulkan poin 21.160 poin. Pasangan junior ini mendapat tambahan 7.800 poin setelah keluar sebagai runner up di German Open.

Selain ganda putra, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari juga kini berada di peringkat tujuh road to Bali. Mereka naik empat tingkat dengan total poin sementara 23.630. Mereka mendapat tambahan 6.420 poin setelah menjadi semifinalis di ajang yang sama dengan Kevin/Marcus.

Sementara satu wakil lainnya yang sudah mamstikan tempat yaitu ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Pasangan ini mendapat keistimewaan otomatis lolos ke BWF World Tour Finals setelah menjadi juara di Olimpiade Tokyo 2020.

Pada sektor tunggal putra, ada perubahan yang terjadi. Shesar Hiren Rhustavito yang sebelumnya berada di ranking 9 road to Bali turun tiga peringkat ke posisi 12. Dia kalah di perempatfinal German Open dan hanya mendapat tambahan 6.050 poin sehingga membuatnya terlempar ke bawah. Menyusul Tommy Sugiarto (28).

Hal serupa juga dialami Jonatan Christie (31) dan Anthony Sinisuka Ginting (58). Ranking keduanya kian turun setelah absen di dua turnamen French Open dan German Open 2021.

Indonesia masih membuka peluang sejumlah wakil karena masih ada dua turnamen tersisa yaitu Indonesia Masters dan Indonesia Open yang akan digelar di Bali mulai 16 sampai 28 November.

Peluang itu datang dari Nita Violina Marwah/Putri Syaikah sektor ganda putri yang kini berada di peringkat 10. Nita/Putri naik empat tingkat dan mendapat tambahan poin 5.040 usai sampai di perempatfinal.

Selain ganda putri, sektor campuran juga berkesempatan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang saat ini menempati urutan ke-9. Mereka sukses naik empat tingkat setelah keluar sebagai runner up di German Open. Saat ini poin mereka 22.250.

"Setelah dari Jerman ini, kami tentu tidak mau menyerah. Kami akan berusaha lebih keras lagi untuk menghadapi turnamen di Bali," kata Praveen dalam rilis PBSI.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT