Roger Federer Mungkin Absen di Australia Terbuka, tapi Belum Akan Pensiun

Novitasari Dewi Salusi - Sport
Senin, 15 Nov 2021 20:08 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 01: Roger Federer of Switzerland plays a forehand during his mens singles second round match against Richard Gasquet of France during Day Four of The Championships - Wimbledon 2021 at All England Lawn Tennis and Croquet Club on July 01, 2021 in London, England. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images)
Roger Federer belum pulih sepenuhnya dari cedera lutut (Foto: Getty Images/Clive Brunskill)
Jakarta -

Roger Federer kemungkian akan melewatkan Australia Terbuka untuk kedua kalinya secara beruntun. Eks petenis nomor satu dunia itu belum pulih dari cedera lutut.

Federer belum kembali mengayun raket sejak kalah di perempatfinal Wimbledon 2021 pada Juli lalu. Di sepanjang 2021, Federer hanya memainkan 13 pertandingan.

Petenis yang kini berusia 40 tahun itu kemudian menjalani operasi lutut. Itu berarti Federer sudah tiga kali menjalani operasi lutut dalam 18 bulan.

Pelatih Roger Federer, Ivan Ljubicic, menyebut bahwa pemilik 20 gelar grand slam itu mungkin harus absen di Australia Terbuka 2022. Proses pemulihannya berjalan lambat.

"Saya kira Australia Terbuka saat ini bukan kemungkinan yang nyata," ujar Ljubicic kepada Stats Perform seperti dilansir BBC.

"Saya kira peluangnya sangat kecil, dia masih pemulihan dan kalau kenal dia, dia ingin memastikan bisa main untuk jadi juara dan dalam kondisi 100 persen."

"Dia akan menjalaninya selangkah demi selangkah karena dia sekarang 40 tahun dan dia harus sabar. Dia tidak bisa sembuh secepat sebelumnya."

Kendati demikian, Roger Federer belum berpikir untuk gantung raket dalam waktu dekat.

"Kami sudah bicara dan saya bisa jamin dia ingin kembali main tenis. Ketika dia memutuskan untuk berhenti, dia akan pensiun, tapi saya kira itu tidakakan terjadi tiba-tiba," katanya soal rencana pensiun Roger Federer.

(nds/aff)