ADVERTISEMENT

Pelatih Ungkap Masa Depan Greysia/Apriyani Tahun Depan, Ada Partner Baru?

Mercy Raya - Sport
Jumat, 17 Des 2021 14:30 WIB
Eng Hian, pelatih ganda putri Indonesia.
Eng Hian mengungkap Apriyani Rahayu mungkin mempunyai pasangan baru. (Foto: detikcom/Mercy Raya)
Jakarta -

Ganda putri Apriyani Rahayu berpeluang memulai tahun 2022 dengan pasangan baru. Hal ini menyusul rencana Greysia Polii yang akan pensiun.

Greysia melalui pelatihnya, Eng Hian, sempat mengungkapkan rencana pensiun setelah tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021. Sayangnya, mereka harus menarik diri karena meningkatnya kasus virus Omicron, varian baru COVID-19.

Sedangkan tahun depan, Greysia/Apriyani sudah memastikan absen di ajang India Open yang digelar 11-16 Januari 2022. Merespons itu, Eng Hian mencoba menjelaskan nasib masa depan kedua atletnya.

"Tahun depan sudah mulai persiapan Apriyani dengan pasangan barunya karena sudah persiapan menuju (Olimpiade) 2024. Kita nanti lihat tanggal mainnya. Bulan Maret lah ya tanggal main awal. Greysia sudah menuju mau pensiun," kata Eng Hian saat ditemui di Hotel Sultan, Kamis (17/12/2021) malam, usai menerima penghargaan Siwo PWI Pusat Golden Awards IV/2021 sebagai pelatih terbaik.

Meski sudah memastikan Greysia akan pensiun, pelatih yang karib disapa Koh Didi, belum bisa menentukan waktunya.

"All England masih tanda tanya (apakah Greysia masih tampil dengan Apriyani) tapi saya sendiri tak akan memaksa. Nanti lihat kesiapannya Greysia, kita lihat awal tahun keputusan dia dan suami seperti apa," ujar Eng Hian.

"Jadi untuk tahun 2022 belum fixed Greysia, pensiun pasti pensiun, cuma kapan? Kami masih tunggu," dia menegaskan.

Eng Hian sekaligus mengutarakan kandidat pemain yang cocok buat menjadi partner Apriyani menuju Olimpiade Paris 2024.

"Kandidatnya saya ambil yang terbaik. Intinya begini, saya tidak mungkin memulai Apriyani dengan partner barunya dari nol lagi atau level challenge, jadi kami ingin Apriyani dengan partnernya bisa berbicara paling tidak di level 300 ke atas," katanya.

"Siapa siap? Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, Putri Syaikah, Nita Violina, atau Febby Valencia Dwijayanti, di antara itu," sebut dia.

"Jadi memungkinkan (Fadia/Ribka dipecah) karena kita melihat pemain jadi. Sekarang ini Apriyani yang menarik dengan levelnya dia, kalau kemarin kan Greysia yang membawa," kata Eng Hian.



Simak Video "#TerimaKasihGreysiaPolii Menggema di Media Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT