Kevin Sanjaya, Puas Tidak dengan Pencapaian di 2021?

Mercy Raya - Sport
Rabu, 22 Des 2021 21:15 WIB
Kevin Sanjaya Sukamuljo tampil berbeda dengan mengenakan headband saat tampil di BWF World Tour Finals 2021. Sekadar buat gaya atau ada alasan lainnya?
Kevin Sanjaya, Puas Tidak dengan Pencapaian di 2021? (Foto: Dok. Humas PBSI)
Jakarta -

Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo mengaku puas dengan pencapaiannya di turnamen 2021. Hasil-hasil tersebut malah di luar ekspektasinya.

Kevin bersama Marcus Fernaldi Gideon menutup tahun ini dengan mencapai lima kali final. Dua di antaranya mereka berhasil merebut gelar juara di German Open dan Indonesia Open. Hasil itu belum ditambahkan dengan juara Piala Thomas 2020.

Kevin bersyukur dengan torehan hasil tersebut. Ia puas meskipun diakuinya mentalnya cukup lelah setelah nyaris tiga bulan bertanding tanpa waktu istirahat yang layak.

"Kalau dari saya pribadi jujur sangat bersyukur, sangat puas, malah di luar ekspektasi saya," kata Kevin dalam jumpa pers virtual, Rabu (22/12/2021).

"Memang capek banget khususnya dari sisi mental karena kami harus terus fokus. Tiap mau main besoknya, kami harus pikirkan lawan-lawannya, apa yang harus persiapkan, ya pastinya capek banget mentalnya. Ini pertama kali dalam hidup saya dan pastinya juga (sistem bubble-nya) tak senyaman seperti biasanya. Kalau pertandingan kan kami bisa cara makan ke luar dan lain-lain, cuma keadaannya seperti itu, ya menikmati saja lah," imbuhnya.

Hal yang paling membanggakan bagi Kevin/Marcus, mereka berhasil hat-trick di Indonesia Open. Sebelumnya, mereka meraih gelar pada 2018 dan 2019. Pencapaian yang tidak mudah apalagi Kevin saat itu juga masih pemulihan cedera bahu.

"Sejak awal kami tidak ada target khusus (di Indonesia Open) karena sejak berangkat Piala Sudirman juga persiapannya kurang, tidak ada persiapan khusus, soalnya saya cedera bahu. Latihan sehari sekali saja sisanya pemulihan. Kondisinya juga sudah capek sekali ya ilmu pasrah kalau menang," Kevin mengungkapkan.

"Di saat lebih pasrah seperti yang penting lakukan yang terbaik saja, sisanya apapun hasilnya itu sudah yang terbaik. Sebab, kondisinya seperti itu, yang penting sudah usaha maksimal. Ya puas-puas saja," imbuhnya.

Ganda Putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo menunjukkan medali dan piala saat upacara penganugerahan juara Open 2021 usai mengalahkan Ganda Putra Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di Nusa Dua, Bali, Minggu (28/11/2021). Marcus/Kevin berhasil menjuarai Indonesia Open 2021 setelah menang 21-14, 21-18 atas Ganda Putra Jepang. ANTARA FOTO/Humas PBSI/Handout/wpa/wsj.Ganda Putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo menunjukkan medali dan piala saat upacara penganugerahan juara Open 2021 usai mengalahkan Ganda Putra Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di Nusa Dua, Bali, Minggu (28/11/2021).(ANTARA FOTO/Humas PBSI/Handout)

Meskipun begitu, Kevin Sanjaya Sukamuljo menyadari banyak orang yang tak selalu puas dengan prestasinya. Apalagi jika hasilnya tak sesuai dengan ekspektasi.

"Ya enggak mau memikirkan soal itu. Orang mau bicara apa terserah karena itu hak mereka. Mengurusi mereka juga tak bisa, yang penting saya menjalani dan menikmati hidup saya. Tapi pastinya saya sangat bersyukur dari lima final dari tujuh pertandingan dan pastinya lebih dari cukup bisa mendapatkan hasil tersebut," dia menegaskan.

Simak juga Video: Kevin/Marcus Kalah, Netizen: Comeback Stronger

[Gambas:Video 20detik]




(mcy/aff)