Akhir Bulan Ini PBSI Bakal Umumkan Penghuni Pelatnas 2022

Mercy Raya - Sport
Minggu, 16 Jan 2022 21:40 WIB
Seleknas PBSI 2022
Penghuni Pelatnas Bulutangkis diumumkan PBSI akhir bulan ini. (Foto: dok. PBSI)
Jakarta -

PP PBSI akan mengumumkan daftar atlet bulutangkis Pelatnas 2022 pada akhir Januari. Kepastian itu diperoleh setelah Seleksi Nasional (Seleknas) rampung digelar.

"Rencananya akhir Januari ini diumumkan," kata Kepala Humas dan Media PBSI, Broto Happy, kepada detikSport, Minggu (16/1/2022).

Seleknas PBSI merupakan pengganti Kejuaraan Nasional yang merupakan amanat dari AD/ART PBSI, sekaligus bagian dari proses regenerasi dan promosi-degradasi tahun 2022. Ajang itu telah berakhir pada 15 Januari lalu.

Dari rangkaian pertandingan yang bergulir selama lima hari itu, 10 tiket promosi telah diberikan kepada para pemenang Seleknas.

Mereka ialah tunggal putra Muhammad Reza Al Fajri (DKI Jakarta) dari kelompok taruna, tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari (Jawa Tengah), ganda putra Daniel Edgar Marvino/Raymond Indra (Jateng), ganda putri Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani (Jawa Tengah), serta ganda campuran Rafli Ramanda/Az Zahra Putri Dania (Jawa Barat).

Sementara itu dari kelompok dewasa, tunggal putra Alfito Pringgo Yudanto (Kalimantan Selatan), tunggal putri Kyla Legiana Agatha (Jawa Barat), ganda putra Gerardo Rizqullah Hafidz/Muhammad Gibran Arfiansyah (DKI Jakarta), ganda putri Ridya Aulia Fatasya/Sofy Al Mushira Asharunnisa (Jawa Tengah), serta ganda sampuran Muhammad Gibran Arfiansyah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (DKI Jakarta).

Rencananya, mereka akan melakukan sejumlah tes kesehatan pada Senin (17/1/2022). Sebelum akhirnya dipanggil bersamaan dengan atlet-atlet pebulutangkis lainnya. Seperti diketahui, PBSI telah mengembalikan seluruh atletnya ke klub sejak 18 Desember lalu.

"10 wakil yang menjadi juara, mulai Senin besok menjalani tes kesehatan. Tes ini menyangkut kondisi kebugaran atlet. Bukan tes PCR," ujar Broto.

"Usai tes kesehatan dan fisik, mereka pulang dulu. Baru dipanggil akhir Januari," imbuhnya.

Broto sekaligus menegaskan bahwa untuk pengumuman promosi dan degradasi menunggu Surat Keputusan (SK) resmi terbit. "Sejauh ini, belum ada lagi status magang di pelatnas," katanya.

(mcy/cas)