PBSI Target Final di Kejuaraan Asia Beregu 2022

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 29 Jan 2022 10:55 WIB
GOLD COAST, AUSTRALIA - APRIL 05:  A detail view of a badminton raquet and shuttlecock during the Badminton Mixed Team Group Play Stage - Group A on day one of the Gold Coast 2018 Commonwealth Games at Carrara Sports and Leisure Centre on April 5, 2018 on the Gold Coast, Australia.  (Photo by Scott Barbour/Getty Images)
Ilustrasi (Getty Images)
Jakarta -

PBSI mematok target final di Kejuaraan Asia Beregu 2022 sekalipun menurunkan pemain muda. Mereka percaya diri karena kesiapan yang dilakukan sejak 2 pekan lalu.

Kejuaraan yang merupakan kualifikasi Piala Thomas dan Uber ini akan dihelat di Malaysia, mulai 15 sampai 20 Februari mendatang.

Menatap ajang tersebut Indonesia menurunkan 20 pemain mudanya. Di sektor putra, Chico Aura Dwi Wardoyo, yang merupakan atlet tertua yaitu 23 tahun. Sedangkan tim putri, Gregoria Mariska Tunjung (22 tahun) menjadi pemain putri paling senior dan berpengalaman di antara atlet lainnya.

Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI Rionny Mainaky mengatakan, sejauh ini para pemain telah melakukan persiapan selama dua minggu. Eks pelatih kepala Timnas Jepang ini pun optimistis para pemain mampu berbicara banyak di ajang dua tahunan tersebut.

"Untuk Kejuaraan Beregu Asia ini kami menurunkan pemain-pemain muda yang persiapannya sudah kami lakukan sebelum SK pemanggilan. Jadi skuad ini, baik putra maupun putri adalah skuad yang terpilih dan terbaik," tutur Rionny dalam rilis PBSI Sabtu (29/1/2022).

Sebagai catatan, tim putra Indonesia datang ke Malaysia dengan status juara bertahan. Merah Putih tercatat meraih gelar juara pada 2016 (Hyderbad, India), 2018 (Alor Setar, Malaysia), dan 2020 (Manila, Filipina).

Tim putra juga sudah mengantongi tiket putaran final Piala Thomas dan Uber karena statusnya yang juga juara bertahan. Berbeda dengan tim putri yang harus bekerja keras untuk dapat lolos ke putaran final.

Meskipun begitu, saudara kandung dari Richard dan Rexy Mainaku ini meyakini anak asuhnya mampu menembus babak final.

"Saya berharap mereka nanti bisa tampil lepas, tanpa beban, dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Target kami tim ini bisa masuk final, baik di tim putra maupun tim putri," Rionny mengharapkan.

(mcy/aff)