ADVERTISEMENT

Kasus Omicron Meningkat di Tanah Air, Davis Cup Digelar Tanpa Penonton?

Mercy Raya - Sport
Kamis, 03 Feb 2022 17:12 WIB
Piala Davis 2020, Indonesia vs Kenya
Davis Cup 2022 di Indonesia mungkin tanpa penonton. (Foto: Mercy Raya/detikcom)
Jakarta -

Christopher Rungkat dkk mungkin tanpa dukungan suporter langsung saat menjamu Venezuela di Davis Cup 2022. Kasus COVID-19 sedang meningkat.

Indonesia secara resmi menjadi tuan rumah Davis Cup 2022 seiring disetujuinya sistem bubble untuk karantina atlet dan delegasi perwakilan organisasi dunia dari luar negeri.

Laga yang mempertemukan Indonesia dengan Venezuela dalam pertandingan playoff world group II itu akan dihelat di Stadion Tenis Gelora Bung Karno (GBK), pada 4-5 Maret mendatang.

Seiring persiapan panitia penyelenggara, Indonesia dihadapkan pada situasi melonjaknya kasus virus Corona, varian omicron. Hal ini bukan tak mungkin bakal memengaruhi status turnamen apakah diperbolehkan untuk menghadirkan penonton di stadion. Mengingat pada pelaksanaan sebelumnya, Piala Davis kerap terbuka bagi masyarakat ataupun pecinta tenis yang ingin mendukung secara langsung di pinggir lapangan.

"Belum tahu. Kami belum putuskan. Kita lihat kan Omicron ini masih belum jelas. Kalau Omicron tambah tinggi ya kemungkinan besar ya tanpa (penonton) jika mau aman," kata Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) Lani Sardadi saat dikonfirmasi detikSport, Kamis (3/2/2022).

Tak hanya soal status penonton, Pelti juga sampai kini belum mendapatkan itinerary dari tim Venezuela.

"Justru itu juga mestinya H-6 itu (tim Venezuela) sudah datang. Tapi saya belum dapat kabar soal itinerary dari mereka. Sedangkan saya sudah tanya, tapi seharusnya kami sudah menyiapkan lapangan untuk digunakan mereka latihan sejak H-6 itu," dia mengungkapkan.

"Sementara kalau persiapan tim kami, pemain sudah mulai latihan pekan depan dan dari kami insya Allah siap. Kami tinggal menunggu kabar dari Venezuela. Kemungkinan pertengahan Februari baru ada hasil update-nya seperti apa," lanjutnya.

Sebagai informasi, Indonesia terpaksa menjalani pertandingan playoff setelah gagal mengatasi Barbados di laga babak pertama grup II Piala Davis Grup pada September 2021. Merah-Putih kalah 1-3 dari Barbados.

Sedangkan Venezuela harus menjalani laga penentu usai kalah dari Afrika Selatan dengan skor 0-4 di Amerika Serikat. Siapapun yang kalah dalam pertandingan tersebut dipastikan terlempar ke grup III.

(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT