Petenis Ukraina Elina Svitolina Tolak Bertanding Lawan Atlet Rusia

Novitasari Dewi Salusi - Sport
Selasa, 01 Mar 2022 11:12 WIB
TOKYO, JAPAN - JULY 31: Elina Svitolina of Team Ukraine plays a backhand during her Womens Singles Bronze Medal match against Elena Rybakina of Team Kazakhstan on day eight of the Tokyo 2020 Olympic Games at Ariake Tennis Park on July 31, 2021 in Tokyo, Japan. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images)
Petenis Ukraina Elina Svitolina menolak bertanding melawan petenis Rusia (Foto: Getty Images/Clive Brunskill)
Jakarta -

Petenis Ukraina Elina Svitolina menolak bertanding melawan pemain Rusia. Svitolina juga mendesak organisasi tenis untuk melarang penggunaan bendera Rusia.

Svitolina, petenis peringkat 15 dunia, dijadwalkan akan menghadapi petenis Rusia Anastasia Pottapova di babak pertama Monterrey Open, Selasa (1/3/2022) waktu setempat. Namun, menyusul invasi Rusia ke Ukraina, Svitolina memutuskan untuk mengundurkan diri.

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu juga mendesak Asosiasi Tenis Profesional (ATP), Asosiasi Tenis Wanita (WTA), dan Federasi Tenis Internasional (ITF) untuk memperlakukan atlet Rusia sebagai atlet 'netral' dengan melarang penggunaan bendera dan lagu kebangsaan.

"Saya ingin mengumumkan bahwa saya tidak akan bertanding besok di Monterrey, atau pertandingan lainnya melawan petenis Rusia atau Belarusia sampai organisasi kami mengambil keputusan yang diperlukan ini," kata Svitolina dalam pernyataan yang diunggah di akun media sosialnya.

"Saya tidak menyalahkan atlet Rusia mana pun. Mereka tidak bertanggung jawab atas invasi ke tanah air kami."

"Bahkan saya ingin memberi hormat kepada semua pemain, khususnya pemain Rusia dan Belarusia, yang dengan berani menyatakan menentang perang. Dukungan mereka sangat penting," ucapnya.

Elina Svitolina juga akan mendonasikan hadiah uang dari turnamen untuk mendukung militer dan aksi kemanusiaan di Ukraina.

(nds/krs)