Piala Davis 2022: Indonesia Libas Venezuela 3-0, Bertahan di Grup II

ADVERTISEMENT

Piala Davis 2022: Indonesia Libas Venezuela 3-0, Bertahan di Grup II

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 05 Mar 2022 17:23 WIB
Christopher Rungkat di Piala Davis
Christopher Rungkat. Foto: dok. Pelti
Jakarta -

Tim Indonesia akhirnya mampu bertahan di Grup II Piala Davis 2022. Duet Christopher Rungkat/M. Rifqi Fitriadi yang berhasil jadi penentu kesuksesan Merah-Putih.

Kepastian itu diperoleh setelah Cristo/Rifqi memenangkan pertandingan atas ganda Venezuela Luis David Martinez/Jordi Munoz-Abreu di Stadion Tenis Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Sabtu (5/3/2022).

Dalam laga itu, duet senior-junior tak hanya menang dengan skor 6-1, 7-5, tapi sekaligus membuat Indonesia bertahan di Grup II dalam kejuaraan beregu putra tersebut.

Pada hari sebelumnya, Indonesia sudah unggul 2-0 atas Venezuela, lewat dua laga tunggal, M. Rifqi yang mengalahkan Francisco (18) Lamas Villarroel straight sets 6-3 6-4. Kemudian, Christopher yang mengatasi Luis David Martinez 7-6(4) 6-1.

Kapten tim Piala Davis, Febi Widhiyanto, bersyukur atas torehan yang membanggakan tersebut. Ia pun mengapresiasi kerja sama tim yang solid selama laga berlangsung.

"Kemenangan ini berkat kerja sama tim yang saling koordinasi dan membantu. Harapannya hasil ini tak berhenti karena masih banyak event-event lainnya dan tentu ini menjadi motivasi kami untuk lebih giat lagi ke depannya," kata Febi, usai pertandingan digelar.

Sementara itu, Christopher mengatakan pertandingam hari ini sudah sesuai dengan rencana dan strategi permainan yang mereka siapkan sebelumnya.

"Dan saya kira dengan kualitas Rifqi hari ini, semakin menunjukkan bahwa Rifqi sudah dapat bersaing dengan pemain-pemain seperti Luiz yang mungkin pernah ranking top 100 Dunia. Itu sisi positif yang bisa diambil hari ini," kata Christopher.

"Kalau Rifqi bisa lebih mengembangkan dirinya di turnamen-turnamen kelas internasional, maka beberapa tahun ke depan dia bisa menjadi pemain berkualitas dan bisa berkontribusi banyak bagi Indonesia di kancah internasional, termasuk multievent," lanjutnya.

"Terhadap Venezuela, saya juga memberikan kredit karena sudah jauh-jauh datang ke Indonesia dengan harus karantina dan lain-lain tapi mereka memberikan perlawanan yang cukup bagus sejak kemarin, bahkan sampai hari ini."

Rifqi mengungkapkan perasaan senada. "Saya sangat bangga dan bahagia dengan performa saya hari ini. Saya bangga dengan semua berkontribusi tim dengan adanya turnamen ini," katanya.

"Ucapan terima kasih secara khusus saya juga sampaikan kepada Bang Christo yang telah memberikan banyak motivasi dan masukan dari luar lapangan maupun di lapangan yang membuat saya nyaman bermain," ucap Rifqi.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT