ADVERTISEMENT

Piala Davis 2022: Indonesia Andalkan Christopher Rungkat dan M. Rifqi

Mercy Raya - Sport
Selasa, 01 Mar 2022 16:15 WIB
Kapten Tim Indonesia Febi Widhianto
Indonesia akan berlaga di Piala Davis 2022.(Foto: dok.Pelti)
Jakarta -

Indonesia harus pintar-pintar menyusun strategi melawan Venezuela pada laga play off Grup II Piala Davis 2022. Siapa yang paling siap, dia lah yang diturunkan.

Demikian disampaikan Kapten Tim Indonesia Febi Widhianto, menatap pertandingan turnamen tenis putra yang berlangsung dua hari mulai Jumat (4/3/2022) di Stadion Tenis Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Seperti diketahui, Indonesia wajib menang melawan Venezuela jika tak ingin terdegradasi ke Grup III. Namun bukan berarti perlawanan bakal mudah. Tim tamu yang bercokol di posisi ke-57 adalah unggulan kelima dari 12 tie Grup ll, sementara Indonesia adalah non unggulan berperingkat tertinggi (65).

"Kami masih melihat siapa paling siap menjelang hari H," kata kapten tim Merah Putih, Febi Widhiyanto, dalam keterangan tertulisnya Selasa (1/3/2022).

Laga Piala Davis akan berlangsung lima matches, terdiri dari empat singles dan satu double. Dua singles menjadi agenda pembuka pertemuan perdana kedua negara di ajang berlabel World Cup of Tennis ini. Adapun urutan pertandingan akan ditentukan dari drawing yang dilakukan Kamis (3/3) siang.

Dalam laman resmi Davis Cup, Indonesia dipimpin Febi Widhiyanyo sebagai kapten, kemudian Christopher Rungkat (194), Fitriadi M Rifqi (ranking doubles 2510), Muhammad Althaf Dhaufullah, Nathan Anthony Barki, dan Achad Imam Maruf.

Sedangkan Venezuela yang dipimpin Maurice Ruah, akan mengandalkan Luis David Martinez, Jordi Munoz Abreu, dan Francisco Lamas Villarroel. Dari empat pemain tersebut hanya Luis yang di atas kertas rankingnya cukup tinggi yaitu 129 ITF.

Menilik susunan pemain, kans menurunkan Christopher Rungkat dan M. Rifqi Fitriadi sebagai tunggal pertama dan tunggal kedua berpeluang besar lantaran keduanya sama-sama memiliki pengalaman bermain di Davis Cup.

Bagaimana pun laga pembuka menjadi kunci kelanjutan nasib Indonesia di partai berikutnya. Termasuk memilih pemain ganda di pembuka hari kedua, pada Sabtu (5/3).

"Christo/Rifqi bisa main ganda juga," sebut Febi.

Terlepas siapa yang nanti akan diturunkan, baik tim Indonesia maupun Venezuela masih berkesempatan mengganti pasangan yang diajukan saat drawing hingga sejam sebelum pertandingan.

(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT