Rahasia Chico Jinakkan Kento Momota

Mercy Raya - Sport
Rabu, 27 Apr 2022 11:10 WIB
Chico Aura Dwi Wardo
Foto: (PBSI)
Jakarta -

Chico Aura Dwi Wardoyo mengungkapkan kunci kemenangannya melawan unggulan pertama Kento Momota di Badminton Asia Championship 2022. Apa itu?

Chico Aura Dwi Wardoyo memang tak disangka mampu menyingkirkan pemain nomor 2 dunia yang berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Rabu (27/4/2022). Apalagi ia berangkat dari pemain bukan unggulan.

Tapi pemain berperingkat 52 itu membuktikan dirinya dengan bermain lebih sabar demi bisa mengalahkan Kento. Hasilnya, Chico menang rubber game 17-21, 21-17, 21-7 dalam tempo 62 menit.

"Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan," ujar Chico dalam rilis PBSI.

"Di gim pertama sebenarnya saya sudah enak mainnya hanya terburu-buru di poin jelang akhir. Di gim kedua dan ketiga saya menerapkan strategi yang sama tapi hanya lebih sabar saja," lanjut Chico.

Meskipun senang dapat mengalahkan salah satu pebulutangkis terbaik di dunia, Chico belum merasa puas. Targetnya ialah melangkah lebih jauh di turnamen ini.

"Saya senang bisa menang atas Momota dan bisa mengeluarkan seluruh kemampuan saya hari ini. Tapi saya belum puas, saya mau melangkah jauh di sini," ungkap Chico.

Di babak 16 besar Badminton Asia Championship, Chico sudah ditunggu wakil Hong Kong China, Lee Cheuk Yiu. Ia memimpin rekor pertemuan 1-0 atas Lee lewat Kejuaraan Beregu Asia 2022 di Selangor, Februari lalu. Chico menang dengan skor 21-14, 18-21, 21-18.

Keberhasilan Chico Aura Dwi Wardoyo, juga diikuti tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi. Wakil tunggal putri Indonesia itu berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan Han Yue dari China.

Han Yue yang merupakan pebulutangkis peringkat 24 dunia harus menyerah dua gim langsung 14-21, 12-21 kepada Komang (peringkat 317).

"Senang banget bisa mengalahkan pemain yang peringkatnya jauh di atas saya," tutur Komang.

"Tidak ada strategi khusus, saya hanya coba memainkan pola permainan saya dan mengontrol keadaan angin. Beruntung saya sudah main kemarin jadi sedikit banyak sudah tahu kondisi lapangan," kata Komang.

(mcy/aff)