ADVERTISEMENT

Jonatan Christie Kalah di Final Badminton Asia Championship

Afif Farhan - Sport
Minggu, 01 Mei 2022 17:15 WIB
Jonatan Christie
Foto: dok. PBSI
Jakarta -

Jonatan Christie menghadapi wakil Malaysia, Lee Zii Jia di final Badminton Asia Championships 2022 tunggal putra. Jojo kalah dalam dua gim langsung.

Jonatan Christie vs Lee Zii Jia jadi laga terakhir di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Minggu (1/5/2022) dalam partai puncak Badminton Asia Championship 2022. Sebelumnya, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan menjadi juara ganda putra yang kalahkan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Skor berjalan ketat di awal, terlihat kedua pemain tampak canggung yang berujung bikin kesalahan sendiri. Jonatan Christie coba ambil momentum dengan memimpin 4-3.

Kesalahan Jojo bermain netting, membuat dirinya balik tertinggal 4-6 dari Lee Zii Jia. Lee coba tenang, sebaliknya Jojo yang terburu-buru malah menyusahkan diri sendiri. Pengamatan Jojo melihat bola out ternyata masuk, Lee jaga keunggulan 9-6 dan kemudian lepas jump smash menyilang untuk menambah keunggulan 10-6.

Jojo coba lebih kalem. Pelan-pelan dirinya mengikis skor jadi 9-10 lewat permainan cepat berujung penempatan bola kurang tepat dari Lee.

Interval pertama jadi milik Lee dengan 11-9, setelah pukulan Jojo nyangkut di net sendiri.

Selepas interval, Jonatan Christie mengejar. Lee Zii Jia tidak terpancing dengan bermain cepat, coba untuk terus jaga keunggulan.

Skor imbang 13-13, setelah challenge Lee gagal karena pukulannya di ujung lapangan ternyata out. Lee panas, kembali menjauh 16-13.

Rally cepat terjadi, Lee unggul 17-13. Itu setelah kedua pemain saling berbalas pukulan cepat, sampai-sampai Jojo melepas pukulan di sela-sela kakinya sambil membalikkan badan.

Setelahnya, Lee makin nyaman dan game point dengan unggul 20-15. Lee tutup gim pertama dengan skor 21-17 via jump smash keras.

Di gim kedua, Jonatan Christie tampil lebih solid. Dirinya langsung unggul 3-0 dengan permainan cepatnya.

Lee Zii Jia tak mau jauh tertinggal. Pukulannya mengecoh Jojo dan menyamakan kedudukan 3-3. Lee kemudian gantian memimpin 5-4 kala menyambar bola tanggung.

Kejar-kejaran skor terjadi, 9-9 setelah Lee samakan kedudukan saat Jojo gagal mengembalikan pukulan smash.

Interval kedua milik Lee 11-10. Itu setelah dua kali Jojo eror lakukan netting.

Jojo bangkit setelahnya, 13-11. Jojo sukses memaksa Lee dengan kembalikan bola tanggung yang kemudian jadi santapan empuk.

Skor kembali imbang 15-15. Jojo menyusul setelah pukulan lob-nya tidak terjangkau oleh Lee yang salah langkah bergerak terlalu di depan.

Jojo makin tertinggal 16-19. Lee bermain lebih menekan yang membuat Jojo kesulitan.

Jojo belum menyerah, skor 19-19 akibat Lee yang buru-buru mengembalikan bola servis!

Jojo unggul 20-19, bola tanggung dari Lee yang harus jatuh jumpalitan, dilumatnya dengan jump smash keras.

Pukulan flick servis Jojo out, skor sama 20-20. Skor sama lagi 21-21, Lee samakan kedudukan lewat rally panjang dan menempatkan bola jauh di ujung.

Jojo gagal kembalikan bola dengan sempurna, 22-21 untuk Lee. Kemudian, pukulan Jojo out di sudut lapangan dan dibiarkan Lee untuk menang 23-21 walau Jojo lakukan challenge.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT