Thomas Cup 2022: Kevin/Bagas, Strategi Indonesia Vs Thailand

Mercy Raya - Sport
Senin, 09 Mei 2022 18:39 WIB
Kevin Sanjaya Sukamuljo dipasangkan dengan Bagas Maulana
Pasangan Kevin/Bagas menjadi bagian dari strategi Indonesia saat melawan Thailand di Thomas Cup 2022. Foto: Dok. PP PBSI
Jakarta -

Pelatih ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi mengungkap perubahan susunan pemain, termasuk adanya pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Bagas Maulana, melawan Thailand di Grup A Thomas Cup 2022 adalah bagian dari strategi.

Indonesia akan menghadapi Thailand dalam lanjutan babak penyisihan grup yang berlangsung Senin (9/5/2022) pukul 19.00 WIB.

Melawan tim Gajah Putih, Merah Putih mengubah susunan pemainnya terutama nomor ganda. Ada Kevin yang dipasangkan dengan Bagas -- dengan keduanya biasa main dengan pasangan lain.

Sementara itu nomor tunggal putra tak mengalami perbedaan. Masih sama seperti saat Indonesia melawan Singapura di laga pertama Thomas Cup 2022 hari Minggu (8/5) kemarin.

Pelatih ganda putra Indonesia Herry Iman PierngadiPelatih ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi Foto: Dok. PP PBSI

"Kita menurunkan susunan formasi yang berbeda dengan kemarin saat melawan Singapura. Itu semuanya demi strategi," kata Herry dalam informasi PBSI yang diterima detikSport.

Herry menilai para pemain perlu beradaptasi dengan kondisi lapangan di Impact Arena yang berangin. Sebab, kondisi angin di arena saat dipakai bertanding berbeda dengan saat berlatih.

Apalagi, pemain masih terbawa suasana dengan hembusan angin kencang saat bertarung dalam Kejuaraan Asia di Manila, pekan lalu.

"Kemarin saat latihan, penyejuk ruangan belum diaktifkan penuh. Jadi pemain perlu dan harus bisa beradaptasi dengan hembusan angin saat bertanding. Makanya, semua pemain perlu turun bertanding," Herry menjelaskan.

"Karena itu, tujuh pemain yang saya bawa harus saya mainkan semuanya agar mereka bisa cepat beradaptasi dan merasakan bagaimana atmosfer arena pertandingan dengan baik," tambahnya.

Sejumlah Nama Diistirahatkan, Kevin/Bagas Dipasangkan

Demi tujuan itu pula, Herry akhirnya mengistirahatkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Muhammad Shohibul Fikri yang sudah tampil saat melawan Singapura.

Herry lantas merotasi mereka dengan menurunkan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan serta Kevin Sanjaya Sukamuljo yang bakal mendapat pasangan baru bersama Bagas Maulana, pasangan asli Fikri, saat berjumpa dengan tuan rumah malam ini.

Kevin Sanjaya Sukamuljo dipasangkan dengan Bagas MaulanaKevin Sanjaya Sukamuljo dipasangkan dengan Bagas Maulana Foto: Dok. PP PBSI

"Kevin/Bagas juga sering latihan bareng. Kevin bermain depan sebagai playmaker perlu didukung pemain bertipe killer atau tukang gebuk dari garis belakang dan itu dimiliki Bagas," ucap Herry.

"Dengan mengacak, kekuatan kita jadi tidak mudah dibaca lawan. Selain itu, kita juga bisa memilki komposisi dan formasi pasangan yang banyak. Ini juga agar lawan makin bingung setiap bertemu kita," dia mempertegas.

(mcy/krs)