Ada Apa dengan Anthony Ginting?

Mercy Raya - Sport
Selasa, 10 Mei 2022 10:50 WIB
Anthony Sinisuka Ginting gagal menyumbang poin saat Indonesia mengalahkan Singapura di fase grup Thomas Cup 2022.
Anthony Ginting di Thomas Cup 2022. Foto: dok.PBSI
Jakarta -

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting belum mampu menyumbangkan poin kemenangan untuk tim Indonesia di Thomas Cup 2022. Ada apa dengan Ginting?

Anthony Ginting tercatat sudah dua kali diturunkan dalam babak penyisihan Grup A kejuaraan beregu putra Thomas Cup yang berlangsung sejak 8 Mei. Ia menjadi tunggal pertama Indonesia yang diandalkan saat menghadapi Singapura dan Thailand.

Namun, dari dua laga itu belum ada kemenangan yang Ginting persembahkan. Ia gagal mengatasi Loh Kean Yew (Singapura) 13-21, 14-21, kemudian kalah saat melawan Kunlavut Vitidsarn (Thailand) 12-21, 21-15, 9-21.

Meskipun begitu, Indonesia tetap mampu merebut dua poin kemenangan setelah masing-masing sukses diatasi dengan skor 4-1.

Merespons kondisi atletnya, Pelatih Tunggal Putra Indonesia Irwansyah mengakui jika perfoma Anthony belumlah pulih sepenuhnya. Kendati sudah ada perubahan ke arah yang lebih baik.

"Penampilan Ginting sebenarnya jauh lebih bagus dibanding kemarin (saat lawan tunggal Singapura), cuma performanya memang belum pulih seperti semula," kata Irwansyah dalam rilis PBSI.

"Saat reli-reli panjang, dia malah banyak melakukan kesalahan sendiri. Apalagi yang dihadapi adalah Kunlavut, pemain yang memiliki stroke bagus dan mampu mengontrol permainan dengan baik," ujarnya.

Anthony Ginting Sedih

Sementara itu, Anthony Ginting mengaku sedih tak bisa menyumbang poin untuk tim. Ia menyebut kondisi angin di lapangan cukup memengaruhi penampilan pemain saat bertanding.

"Rasanya sedih juga tidak bisa menang dan sumbang poin. Tadi pertandingannya juga ketat sejak awal. Kita tahu posisinya saling menang dan kalah angin yang berpengaruh besar terhadap permainan. Cuma di gim ketiga saat pindah lapangan, saya sudah tertinggal jauh. Saat mau mengejar, lawan sudah percaya diri," kata Anthony.

Indonesia sendiri sudah dipastikan lolos perempatfinal Thomas Cup 2022. Namun, mereka masih akan menjalani satu pertandingan terakhir di babak penyisihan grup A dengan menghadapi Korea Selatan. Laga ini untuk menentukan juara grup.

Simak Video 'Menang 4-1 Atas Thailand, Tim Thomas Cup RI Lolos 8 Besar':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/krs)