Uber Cup 2022: Aisyah Menang Rubber, Indonesia 3-0 Jerman

Adhi Prasetya - Sport
Selasa, 10 Mei 2022 11:36 WIB
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Aisyah Sativa Fatetani meluapkan kegembiraan usai menang melawan pebulu tangkis tunggal putri Prancis Lonice Huet dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas Uber 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (8/5/2022). Aisyah Sativa Fatetani menang dengan skor 12-21, 21-13 dan 21-15. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Aisyah berhasil memastikan Indonesia unggul 3-0 atas Jerman. Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Bangkok -

Aisyah Sativa Fatetani berhasil mengalahkan Ann-Kathrin Spoeri 21-7, 14-21, 21-14 di laga ketiga penyisihan Uber Cup 2022 antara Indonesia vs Jerman. Hasil ini memastikan skor menjadi 3-0.

Bermain di Impact Arena, Bangkok, Selasa (10/5/2022), Aisyah tampil dominan di set pertama. Ia tak pernah ketinggalan, dan langsung unggul jauh 6-0.

Spoeri mencoba memberi perlawanan, mengubah skor menjadi 2-7. Namun Aisyah menambah empat poin beruntun hingga akhirnya menutup interval dengan skor 11-2.

Selepas jeda, Spoeri sempat menambah poin hingga 4-11, kemudian 6-13. Aisyah kemudian menambah lima poin beruntun menjadi 18-6. Dalam situasi 7-20, pengembalian Spoeri yang membentur net membuat Aisyah mengunci set pertama dengan kemenangan 21-7.

Set kedua

Spoeri memberi perlawanan. Sempat ketat hingga 3-3, pemain urutan 217 dunia itu meraih lima poin beruntun dan unggul 8-3. Aisyah bangkit dengan melepaskan smash ke arah Spoeri, mengubah skor menjadi 4-8.

Satu pukulan Spoeri yang keluar memberi poin tambahan untuk Aisyah menjadi 5-8, namun satu pengembalian tanggung dari atlet 19 tahun itu dengan mudah di-smash Spoeri, memberi keunggulan 9-5.

Aisyah tak menyerah. Tiga poin beruntun diraih olehnya, menipiskan jarak menjadi 8-9. Satu pengembalian Aisyah yang salah diantisipasi oleh Spoeri ternyata masuk, membuat skor menjadi 9-9.

Pengembalian bola yang terlalu jauh dari Aisyah akhirnya keluar, membuat Spoeri unggul 10-9. Pemain Jerman itu menutup interval dengan keunggulan 11-9 usai smash-nya mendarat telak di sisi kiri area permainan Aisyah.

Selepas rehat, Spoeri berusaha mempertahankan gaya bermain menyerangnya. Satu pukulan Aisyah yang membentur net mengubah skor menjadi 12-9, dan kemudian Spoeri terus mempertahankan keunggulan hingga 13-10.

Aisyah terus menekan pantang menyerah. Ia menipiskan jarak menjadi 12-13, namun ia terlalu sering memberi bola tanggung, kali ini kembali di-smash Spoeri untuk mengubah skor menjadi 14-12. Satu pukulan Aisyah yang keluar menambah keunggulan Spoeri menjadi 15-12.

Aisyah berusaha mengejar selisih poin, namun ia juga cukup sering melakukan kesalahan sendiri, baik pukulan yang tak akurat atau memberi lawan kesempatan menekan untuk meraih poin. Spoeri pun menutup set kedua dengan skor 21-14.

Set ketiga

Spoeri yang percaya diri tampil menyerang, dan unggul 2-1 di awal set ketiga. Pukulan Aisyah yang terburu-buru justru berakhir keluar lapangan, mengubah skor menjadi 3-1 untuk Jerman.

Aisyah tak patah semangat. Tiga poin beruntun diraih, salah satunya lewat drop shot cantik yang tak bisa dijangkau Spoeri dengan baik. Skor menjadi 4-3. Pengamatan bola yang baik dari Aisyah untuk membiarkan bola Spoeri keluar memberinya skor 5-3.

Spoeri berhasil mengejar, menyamakan kedudukan menjadi 5-5. Namun Aisyah berhasil unggul lagi jadi 8-6. Satu pengembalian Spoeri yang keluar menambah keunggulan Aisyah menjadi 9-6.

Spoeri kemudian berhasil menipiskan jarak menjadi 8-9, namun Aisyah mengamankan dua poin berikutnya untuk menutup interval dengan skor 11-8. Setelah istirahat, Aisyah mampu menjaga keunggulan.

Aisyah bergerak meninggalkan Spoeri hingga 15-10. Satu drop shot ke sisi kanan gagal dikembalikan oleh Spoeri, membuatnya unggul 16-10. Smash di pinggir net dari Aisyah menambah keunggulan hingga 17-10.

Spoeri menipiskan jarak dengan meraih dua poin beruntun, menjadi 12-17. Tetapi Aisyah tak terbendung untuk memastikan kemenangan 21-14. Skor 3-0 memastikan Indonesia memenangi duel melawan Jerman, terlepas apapun hasil dua laga sisa.

Skuad Merah-Putih juga memastikan satu slot ke perempatfinal, sebab di laga lain Jepang juga sudah dipastikan menang melawan Prancis. Jepang dan Indonesia sama-sama sudah mengunci dua kemenangan, dan dipastikan finis dua besar di Grup A.

Laga keempat Indonesia vs Jerman akan mempertemukan ganda putri Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari vs Annabella Jaeger/Leona Michalski. Sedangkan di laga kelima akan mempertemukan Bilqis Prasista vs Florentine Schoffski.

(adp/krs)