Tim Uber Indonesia Sudah Lolos 8 Besar, Kini Fokus Hadapi Jepang

Mercy Raya - Sport
Selasa, 10 Mei 2022 19:10 WIB
Ganda putri Indonesia Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari
Ganda putri Indonesia Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari. Foto: Dok. PP PBSI
Jakarta -

Tim Indonesia sudah memastikan lolos 8 besar Uber Cup 2022. Kini, mereka tinggal fokus menghadapi Jepang untuk perebutan juara grup.

Tampil di Impact Arena, Bangkok, Selasa (10/5/2022), Indonesia kembali sukses mengantongi lima kemenangan atas Jerman. Torehan ini menjadi kali kedua untuk Merah Putih, setelah laga sebelumnya Nita Violina Marwah dkk juga menang 5-0 atas Prancis pada Senin (8/5).

Meskipun sudah memastikan dua kemenangan dan lolos 8 besar, tim Indonesia masih memiliki pekerjaan berat di laga terakhir penyisihan Grup A. Mereka akan menghadapi Jepang untuk menentukan juara grup. Akane Yamaguchi dkk juga lolos perempatfinal setelah mengalahkan Prancis dan Jepang dengan skor masing-masing 5-0.

"Kita syukuri, semua pemain bermain maksimal. Saya salut atas perjuangannya. Mereka yang tidak punya pengalaman dan banyak yang main pertama di Piala Uber ternyata bisa bermain optimal dan sekaligus menjawab keraguan selama ini," kata manajer tim Hendro Santoso dalam rilis PBSI.

Performa para pemain hari ini relatif lebih baik dari sebelumnya. Tidak ada ketegangan lagi seperti ketika lawan Prancis.

"Alhamdulillah bisa menang dan membawa Indonesia jadi unggul 4-0. Senang dan lega rasanya bisa main baik dan menang. Tadi kami main sangat nyaman. Bisa enjoy karena posisi Indonesia sudah unggul 3-0 dan memastikan lolos ke perempatfinal. Kami bisa tampil maksimal dan bisa menang," kata ganda putri Lanny Tria Mayasari.

"Kalau diturunkan lawan Jepang besok, saya tentu siap. Kemenangan ini makin membuat kami lebih semangat untuk lawan Jepang," tambah Lanny.

Sementara itu, Nita mengatakan setelah memastikan lolos ke perempatfinal target berikutnya ialah lolos semifinal.

"Semoga target ini bisa terwujud. Kami siap kerja keras dan penuh semangat menghadapi laga-laga selanjutnya yang tidak enteng. Lawan Jepang, saya juga siap dan main tanpa beban saja," ujar Nita.

Hal senada diungkapkan Bilqis Prasista yang sukses menyempurnakan skuad Merah-Putih menang 5-0 atas Jerman setelah menekuk Florentine Schoffski, 21-12, 12-21, 21-7.

"Wah lega rasanya bisa menang, meski lewat rubber game. Saya sebenarnya bisa enjoy saat gim pertama. Gim kedua malah tegang sendiri dan membuat permainan kurang fokus hingga akhirnya kalah. Bersyukur di gim ketiga bisa kembali main seperti gim pertama dan menang," kata Bilqis.

"Untuk lawan Jepang, kalau dipercaya diturunkan saya siap. Saya akan fight dan main tanpa beban saja," ujarnya.

(mcy/krs)