Thomas Cup 2022: Anthony Ginting Bersyukur Pecah Telur

Mercy Raya - Sport
Kamis, 12 Mei 2022 23:18 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis tunggal putra Cina Zhao Jun Peng dalam pertandingan babak perempat final Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (12/5/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Anthony Ginting menyumbang poin saat Indonesia kalahkan China. (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta -

Anthony Sinisuka Ginting mengucap syukur akhirnya bisa menyumbang poin pertama untuk Indonesia di Thomas Cup 2022. Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo itu pecah telur.

Anthony seperti diketahui kembali menjadi pemain pertama dalam laga perempatfinal yang mempertemukan Indonesia dengan China pada Kamis (12/5/2022) malam.

Di pertandingan itu, ia menghadapi Zhao Jun Peng, pemain peringkat 38 dunia. Seperti dua laga sebelumnya, Anthony dibuat susah payah untuk bisa mengatasi lawan-lawannya dalam laga tiga gim.

Namun, pada pertandingan kali ini, Anthony berhasil memetik hasil maksimal. Ia menang dengan skor 21-12, 25-27, 21-17 dalam waktu 80 menit. Bagi Anthony kemenangan ini cukup berarti. Sebab, tiga kali ia bertanding selama itu pula belum sekalipun ia mencicipi kemenangan.

"Puji Tuhan akhirnya pecah telur bisa menang untuk kali pertama sejak dari awal. Semoga teman-teman makin semangat," kata Anthony dalam keterangan tertulisnya.

Menurut pemain peringkat 5 dunia ini, kunci kesuksesannya kali ini karena penampilannya yang kian hari membaik. "Rasa percaya diri saya juga lebih baik. Dari hari ke hari hingga kini, makin meningkat. Ini karena berkat penampilan saya juga makin membaik," dia menjelaskan.

"Meskipun sempat pula ada hilang-hilang, tetapi percaya diri saya bertambah baik. Ini penting untuk menghadapi pertandingan selanjutnya " lanjutnya.

Anthony lantas membeberkan jalannya permainan hingga akhirnya lawan bisa takluk. "Tadi sejak gim pertama saya langsung menekan dan memegang tempo. Dengan lebih menyerang saya mendapat ritme permainan dari awal sampai akhir," katanya.

"Di gim kedua, seharusnya saat unggul 2 atau 3 poin harus tetap fokus. Tadi sempat ada hilang poin saat tersusul. Ada sedikit pressure juga ke saya."

"Gim ketiga, saya sudah bisa kembali ke pola permainan saya. Saya makin yakin, meski juga sempat terkejar. Namun saya sudah yakin dan percaya diri bisa menang. Puji Tuhan, akhirnya menang dan sumbang angka," tuturnya.

Hal serupa diungkapkan Pelatih Tunggal Putra Irwansyah. Ia menyebut performa atletnya saat ini jauh lebih baik. "Dari hari ke hari penampilannya terus meningkat dan membaik. Ini tentu positif bagi dia agar kepercayaan dirinya makin meningkat," kata Irwansyah.



Simak Video "Anthony Ginting Gagal ke Final, Kalah dari Chen Long"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/ran)