Thomas Cup 2022: Ahsan/Kevin Menangi Duel 3 Gim, Indonesia Vs Jepang 2-0

Okdwitya Karina Sari - Sport
Jumat, 13 Mei 2022 20:55 WIB
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan (kiri) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) mengembalikan kok saat melawan pebulu tangkis ganda putra Korea Selatan Kang Minhyuk dan Seo Seungjae dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022). Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo kalah dari ganda putra Korsel dengan skor 18-21, 21-13 dan 12-21. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Ahsan/Kevin menyumbang kemenangan kedua Indonesia atas Jepang di semifinal Thomas Cup 2022. (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Bangkok -

Indonesia unggul 2-0 atas Jepang di semifinal Thomas Cup 2022. Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo memenangi laga seru melawan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Di Impact Arena, Bangkok, pada Jumat (13/5/2022) malam WIB, Ahsan/Kevin melakoni pertandingan sepanjang tiga gim. Pasangan baru ini sempat kehilangan gim kedua sebelum menang dengan skor akhir 22-20, 8-21, 24-22.

Gim pertama dimulai dengan serangan-serangan cepat dari kedua pasangan. Ahsan/Kevin sempat tertinggal 3-7 lalu sedikit demi sedikit memangkas ketinggalan.

Namun, Hoki/Kobayashi mampu melakukan tekanan sehingga membuat Ahsan/Kevin sulit mengembangkan permainan. Kedudukan 11-5 untuk keunggulan Hoki/Kobayashi pada interval pertama.

Gap di antara kedua pasangan semakin membesar. Pukulan pengembalian Kevin atas smes Hoki keluar sehingga pasangan Jepang itu unggul 17-8. Sebuah reli yang diakhiri Kevin dengan smes keras di depan net membuat pasangan Indonesia menembus dua digit pertama.

Ahsan/Kevin pelan-pelan berhasil memangkas jarak dengan Hoki/Kobayashi menjadi 15-17. Ahsan kurang tenang saat menyemes sehingga bola nyangkut di net untuk mengubah skor menjadi 16-19. Game point bagi Hoki/Kobayashi dalam kedudukan 20-17 usai pengembalian Kevin melebar.

Tiga poin beruntun diperoleh Ahsan/Kevin untuk menciptakan deuce dalam kedudukan 20-20. Smes Ahsan dan Kevin memastikan ganda Indonesia comeback untuk merebut gim pertama dengan skor 22-20.

Skenario serupa terjadi di awal gim kedua di mana Hoki/Kobayashi menekan Ahsan/Kevin untuk membuka jarak. Sebuah reli panjang diakhiri Kobayashi dengan smes di depan net sehingga memimpin 11-3 di interval kedua.

Ahsan/Kevin kesulitan menembus pertahanan Hoki/Kobayashi. Sementara lawan mampu melakukan smes-smes keras yang memaksa Ahsan/Kevin membuat bola tanggung di atas net. Ahsan/Kevin tertinggal 4-14.

Smes Kevin gagal lalu mengubah skor menjadi 7-19 untuk keunggulan lawan. Dua poin beruntun diperoleh Hoki/Kobayashi untuk merebut gim kedua 21-8 sekaligus melanjutkan permainan ke gim penentuan.

Di awal gim ketiga, Ahsan/Kevin memulai dengan baik untuk memimpin 5-1. Keunggulan bisa dipertahankan Ahsan/Kevin sampai interval ketiga dengan kedudukan 11-8.

Ahsan/Kevin unggul lima poin dengan skor 15-10 setelah Kobayashi melakukan servis yang buruk. Sebuah jumping smash Ahsan menukik tajam untuk mengembalikan gap lima poin dengan skor 17-12.

Hoki/Kobayashi menipiskan jarak menjadi tiga poin setelah Ahsan tak mampu mengembalikan bola yang jatuh di depan net. Lucky ball didapatkan Hoki/Kobayashi sehingga memangkas jarak lagi menjadi 17-19.

Match point buat Ahsan/Kevin setelah pengembalian Kobayashi membentur net dalam kedudukan 20-17. Hoki/Kobayashi menambah tiga poin beruntun untuk menciptakan deuce sekaligus memelihara peluangnya!

Kesalahan Kobayashi menambah angka bagi Ahsan/Kevin. Deuce kembali tercipta dalam kedudukan 21-21 usai Hoki/Kobayashi memenangi adu drive.

Hoki/Kobayashi berbalik unggul 22-21 setelah pengembalian Ahsan tidak sempurna, yang diikuti dengan deuce ketiga dalam kedudukan 22-22. Pengembalian Kobayashi gagal, lalu Kevin memastikan kemenangan dengan pukulan dari depan net.

(rin/rin)