Indonesia Harus Akui India Main Lebih Baik di Thomas Cup 2022

Mercy Raya - Sport
Minggu, 15 Mei 2022 22:50 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra India Kidambi Srikanth meluapkan kegembiraanya usai menang atas pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie dalam pertandingan babak final Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022). Kemenangan Kidambi Srikanth atas Jonatan Christie dengan skor 21-15 dan 23-21 memastikan India menang atas Indonesia dengan skor akhir 3-0 dan berhak menjadi juara pertama Piala Thomas 2022. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Final Thomas Cup 2022: Indonesia Harus Akui India Main Lebih Baik (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT )
Jakarta -

Tim putra Indonesia legawa dengan hasil runner up di Thomas Cup 2022. Mereka mengakui lawan memang bermain lebih baik.

Skuad Merah-Putih belum berhasil mempertahankan trofi juara yang direbut di Aarhus, Denmark, tahun lalu, setelah kalah 0-3 dari India. Jonatan Christie dkk harus mengakui keunggulan India yang bermain lebih baik di pertandingan pamungkas yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Minggu (15/5).

Skuad Garuda sebenarnya bisa saja menang asal mereka tak disalip para pemain India. Saat laga pertama yang mempertemukan Anthony Ginting dengan Lakshya Sen misalnya. Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu sebenarnya sudah mengantongi angka kemenangan di gim pertama, tapi sayang berhasil disamakan lawan.

Sampai akhirnya Ginting benar-benar takluk dari Sen dengan skor 21-8, 17-21, 16-21. Kemudian ganda putra, pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Mohammad Ahsan juga belum berhasil memanfaatkan keunggulan.

Setelah menang di gim pertama dengan 21-18, Kevin/Ahsan sempat memimpin 18-13 di gim kedua. Mereka akhirnya malah kalah kepada Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy, 21-18, 21-23, 19-21.

"Kita akui lawan memang lebih baik. Pemain juga sudah berjuang maksimal. Di olahraga biasa ada menang dan kalah. Yang penting kita harus tetap semangat karena masih banyak kejuaraan di depan," kata Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta yang ikut mendampingi tim selama bertarung di ibukota Negeri Gajah Putih tersebut dalam rilis PBSI.

Jonatan Christie vs Kidambi Srikanth dipentaskan di partai ketiga final Piala Thomas 2022. Jonatan Christie kalah dua set yang membuat India menjadi juara Piala Thomas 2022.India juara Thomas Cup 2022! (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Sementara itu, pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi, mengatakan kekalahan ini sebagai bagian dari proses pembelajaran bagi semua pemain. Ia juga meminta pil pahit ini agar diterima dan menjadi pelecut untuk bangkit.

"Kekalahan ini harus kita terima sebagai bagian dari proses pembelajaran. Tahun lalu kita juara, kita gembira. Kali ini kita kalah, ya harus diterima," kata pelatih yang dijuluki Naga Api ini.

"Kekalahan jangan membuat kita larut dalam kesedihan. Tetapi harus bangkit kembali menatap masa depan. Apa pun hasilnya, kita layak memberi ucapan selamat untuk India yang jadi juara Piala Thomas tahun ini," ucap Herry.

(mcy/aff)