Semifinal SEA Games 2021: Gregoria Kalah, Indonesia Vs Vietnam 0-1

Mercy Raya - Sport
Selasa, 17 Mei 2022 10:41 WIB
Gregoria Mariska
Foto: (dok PBSI)
Jakarta -

Tim putri Indonesia tertinggal dari Vietnam 0-1 pada laga semifinal SEA Games 2021. Itu terjadi setelah Gregoria Mariska Tunjung dikalahkan Nguyen Thuy Linh dalam duel tiga gim.

Pada pertandingan yang bergulir di Bac Giang Gumnasium, Selasa (17/5/2022), Gregoria yang berhadapan dengan Thuy Linh sejatinya tampil baik sejak gim pertama.

Ia langsung unggul 4-0 dan terus menjauh hingga 16-9. Tapi kemudian, Gregoria kehilangan lima poin beruntun. Beruntung, ia mampu bangkit dan mengakhir laga gim pertama dengan skor 21-14.

Memasuki gim kedua, Gregoria menghadapi kondisi berbeda. Ia lebih banyak tertinggal hingga interval gim kedua 11-8.

Juara Dunia Junior 2017 itu sempat dua kali menyamakan angka saat kedudukan 12-12 dan 13-13. Tapi laju positif itu gagal dilanjutkan, Gregoria kalah di gim kedua dengan skor 17-21 sekaligus terpaksa main di gim penentu.

Di gim ketiga, Gregoria langsung tancap gas sampai kedudukan 6-3. Tapi lagi-lagi, Thuy Linh mampu menyamakan kedudukan menjadi 6-6, dan mengembalikan keadaan. Sementara Gregoria terus tertinggal dan harus mengaku keunggulan lawan. Gregoria kalah 16-21 dari Thuy Lin.

Gregoria mengakui kekalahan ini terjadi karena gagal adu mental dengan lawan.

"Di gim pertama karena ini pertemuan pertama jadi tadi lawan sepertinya membaca dulu pola saya seperti apa. Saya lebih bebas melakukan pola yang saya mau," kata Gregoria dalam keterangan tertulisnya.

"Di gim kedua dan ketiga lawan sebenarnya hanya menunggu saya melakukan kesalahan sendiri. Di sini saya juga kurang banyak variasi pukulan."

"Di dalam hati sebenarnya mau banget untuk berjuang mati-matian tapi tidak tahu kenapa malah tidak keluar. Saya akui kekalahan ini karena mental saya," ujarnya.

(mcy/aff)