ADVERTISEMENT

Apri/Fadia Akhiri Puasa Gelar Ganda Putri di Singapore Open

Mercy Raya - Sport
Minggu, 17 Jul 2022 16:50 WIB
Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti
Apri/Fadia Akhiri Puasa Gelar Ganda Putri di Singapore Open (Foto: dok. PBSI)
Jakarta -

Setelah sekian lama, ganda putri Indonesia akhirnya juara lagi di Singapore Open. Pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang mempersembahkan gelar itu.

Momen itu terjadi setelah Apri/Fadia mengalahkan pasangan China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu di partai final turnamen BWF Super 500.

Dalam laga yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, pada Minggu (17/7/2022) pukul siang, Apri/Fadia menang dua gim langsung atas unggulan kelima itu dengan skor 21-14, 21-19.

Kemenangan ini tak hanya menjadi yang kedua bagi Apriyani/Fadia di turnamen individu sejak debut sebagai pasangan pada Mei lalu. Gelar sebelumnya mereka raih saat di Malaysia Open 2022. Mereka juga sempat menjuarai SEA Games 2021 Vietnam. Namun di level multievent.

Tapi sekaligus mematahkan puasa gelar ganda putri Indonesia sejak 2016. Terakhir kali gelar ganda putri diraih pasangan Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii.

Saat itu, mereka mengalahkan pasangan Jepang Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi usai menang walkover. Matsutomo mengalami cedera yang membuatnya tak bisa melakukan pertandingan.

Sedangkan pada Singapore Open 2017 sampai 2019, hasil terbaik para srikandi Merah Putih hanya sampai babak kedua.

Salah satunya dari pasangan Yulfira Barkah/Jauza Fafhila Sugiarto pada Singapore Open 2019. Mereka disingkirkan pasangan Jepang Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara 21-23, 17-21.

Sementara untuk Singapore Open 2020 dan 2021 turnamen yang memperebutkan hadiah total 370.000 dolar AS itu dibatalkan karena pandemi COVID-19 yang meningkat secara global. Sementara itu, BWF juga memastikan bahwa turnamen itu tidak ada penjadwalan ulang.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT