ADVERTISEMENT

Fadia Reuni dengan Ribka di Kejuaraan Dunia 2022, PBSI Beri Penjelasan

Mercy Raya - Sport
Senin, 25 Jul 2022 21:35 WIB
ribka sugiarto siti fadia silva ramadhanti ganda putri bulutangkis mola tv pbsi home tournament
Ribka dan Fadia kembali diduetkan PBSI untuk Kejuaraan Dunia 2022. Foto: Dok. PBSI
Jakarta -

Siti Fadia Silva Ramadhanti akan kembali berpasangan dengan Ribka Sugiarto di Kejuaraan Dunia 2022. PBSI memberi penjelasan di balik keputusan tersebut.

Seperti diketahui, mulai tahun ini Fadia sudah berpasangan dengan Apriyani Rahayu di sektor ganda putri, sedangkan Ribka berduet dengan Febby Valencia Dwijayanti Gani. Namun komposisi ini harus diubah lagi khusus menyambut Kejuaraan Dunia 2022, yang akan digelar pada 22-28 Agustus mendatang.

Hal itu disebabkan ranking BWF Fadia/Ribka saat ini masih menempati posisi tertinggi di antara ganda putri Indonesia yang masih aktif, sehingga mendapat undangan dari BWF. PBSI akhirnya memutuskan untuk menduetkan kembali keduanya untuk sementara waktu.

"Kenapa Fadia, karena yang lain tak masuk. Jadi kami beri kesempatan untuk bertanding dan dia (Fadia) masih aktif bermain, jadi semaksimal mungkin mereka (Fadia/Ribka) mampu," kata Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky, di Pelatnas PBSI, Cipayung, Senin (25/7/2022).

Indonesia seperti diketahui sebenarnya menerima undangan dari BWF untuk beberapa pasangan ganda putri. Selain Fadia/Ribka, terdapat empat pasangan lain yang juga bisa tampil di kejuaraan tersebut, yaitu Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Nita Violina/Putri Syaika, Della Destiara/Rizky Amelia Pradipta, dan Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto.

Namun dari jumlah tersebut, PBSI sementara ini hanya merespons undangan untuk Ribka/Fadia. Greysia diketahui sudah pensiun, sehingga Apriyani tak memiliki pasangan. Fadia sendiri sudah menyadari kondisi tersebut dan tak masalah kembali berduet dengan Ribka.

"Ya kalau (soal) chemistry, kan kami sudah (pernah) berpartner (sejak) lama jadi gampang mengembalikannya. Lalu latihan juga kami bareng-bareng, intinya dipasangkan dengan siapapun saya mau kasih yang terbaik," kata Fadia dalam kesempatan yang sama.

Sejauh ini, Fadia juga mengaku telah melakukan komunikasi dengan Ribka terkait target untuk di Kejuaraan Dunia nanti.

"Saya sudah berkomunikasi dengan Ribka. Kami sama-sama mau main nothing to lose dan siap memberikan hasil yang terbaik. Ya, target pastinya ada tapi saya mau pikirnya step by step saja. Main nothing to lose," kata juara Singapore Open 2022 bersama Apriyani Rahayu ini.

(mcy/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT