ADVERTISEMENT

Nova Widianto Antisipasi Bola Berat di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Mercy Raya - Sport
Minggu, 14 Agu 2022 16:50 WIB
TOKYO, JAPAN - SEPTEMBER 04: Ayako Suzuki of Team Japan picks up a shuttle with her racket during the Badminton Womens Singles SU5 semi-final against Kaede Kameyama of Team Japan on day 11 of the Tokyo 2020 Paralympic Games at Yoyogi National Stadium on September 04, 2021 in Tokyo, Japan. (Photo by Kiyoshi Ota/Getty Images)
Ilustrasi (Getty Images)
Jakarta -

Pelatih ganda campuran Indonesia Nova Widianto menyoroti beberapa hal yang menjadi prioritas atletnya menuju Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Salah satunya soal antisipasi bola berat di lapangan.

Seperti diketahui, pertandingan di Jepang memiliki karakter berbeda seperti di Singapore Open dan Malaysia Open. Terutama terkait shuttlecock yang berat. Untuk itu, pihaknya ingin Rinov Rivaldy dkk memperbaiki daya tahannya agar mampu memukul bola secara akurat kendati berat.

"Berkaca dari hasil kemarin, kami lihat rata-rata di Singapura banyak angin, tapi di Jepang itu kami perkirakan kondisinya akan berbeda dengan tur Asia Tenggara kemarin. Makanya, kami analisa lagi ya daya tahan serangan anak-anak," kata Nova kepada pewarta.

"Pasti kan rata-rata pemain sudah sering main dan bola di Jepang itu berat sama seperti di Eropa jadi mereka harus lebih tahan. Dari persiapan awal-awal selama satu bulan, ya kami persiapkan itu," lanjutnya.

Selain antisipasi bola berat, peraih medali perak Olimpiade Beijing 2008 bersama Liliyana Natsir itu juga menyoroti komunikasi pemainnya yang jauh lebih baik.

"Selama ini sebelum Indonesia Open ada miss di bagian itu (komunikasi). Kurang percaya sama partner. Tapi sejauh ini setelah Indonesia Open, meskipun hasilnya tak bagus, tapi komunikasi mereka sudah semakin baik, sudah sama-sama saling mengisi lah," tuturnya.

"Karena komunikasi itu yang paling penting kalau di lapangan. Jika komunikasi tak bagus, enggak jalan lah, jadi chemistry harus ada, saling mengisi dan mengerti lah," Nova Widianto.

Sementara itu, salah satu ganda campuran yang akan turun di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Phita Haningtyas Mentari, mengatakan persiapannya kini sudah mencapai 90 persen dan siap untuk terbang ke Jepang.

"Yang pasti dari fisik, powernya juga karena latihannya setelah pulang dari Singapura fokusnya ke power dan defense, jadi dibilang lebih percaya diri pastinya ya karena persiapannya sudah cukup lama," kata Mentari yang akan mengikuti Kejuaraan Dunia keduanya ini bersama Rinov Rivaldy.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 akan berlangsung di Jepang, mulai 22-28 Agustus. Ganda campuran menurunkan tiga wakilnya, antara lain Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

Pada babak pertama Rinov/Mentari mendapat (Bye). Mereka akan menghadapi pemenang dari laga antara Sachin Dias/Thilini Hendahewa (Srilangka) atau Lee Yang/Yang Ching Tun di babak kedua.

Sementara Rehan/Lisa Ayu akan mrnghadapi Lee Jhe Huei/Hsu Ya Ching (Taiwan). Serta Zachariah/ Bela melawan Mikkel Mikkelsen/Rikke Soby (Denmark).

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT