ADVERTISEMENT

Alasan Pelatih Tetap Patok Target Medali Bagi Ribka/Fadia

Mercy Raya - Sport
Selasa, 16 Agu 2022 18:30 WIB
Ribka Sugiarto di PBSI Home Tournament
Foto: dok.PBSI
Jakarta -

Ganda putri Indonesia Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramdhanti dipatok target medali di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Ada alasan khusus pelatih memberikan beban tersebut kepada keduanya.

Ribka kembali berpasangan dengan Fadia khusus menyambut kejuaraan di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, yang berlangsung 22-28 Agustus mendatang.

Hal itu disebabkan ranking BWF pasangan ini masih menempati posisi tertinggi di antara ganda putri Indonesia yang masih aktif, sehingga mendapat undangan dari BWF.

PBSI akhirnya memutuskan untuk menduetkan kembali keduanya untuk sementara waktu. Selain Fadia/Ribka terdapat pasangan lain yang juga bisa tampil di kejuaraan tersebut, yakni Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Meskipun hanya kembali khusus Kejuaraan Dunia kali ini, Pelatih Ganda Putri Indonesia, Eng Hian, tetap membebankan target kepada Ribka/Fadia. Pelatih yang karib disapa Koh Didi ini pun membeberkan alasannya. Apa itu?

"Untuk Ribka/Fadia lebih cenderung untuk mencapai prestasi secara individu. Dalam arti kan Ribka/Fadia sudah tidak berpasangan, nah mereka masih ada kesempatan bermain lagi di Kejuaraan Dunia pastinya ingin mengukir prestasi," kata Eng Hian dalam rilis PBSI.

"Walau setelah ini sudah tidak bersama tapi ada sebuah kebanggaan buat mereka pernah berprestasi di Kejuaraan Dunia ini. Jadi saya ingin Ribka/Fadia bermain dengan kemampuan terbaiknya untuk meraih medali sesuai target ganda putri," Eng Hian mempertegas.

Pada kesempatan yang sama, Febriana Dwipuji Kususma/Amalia Cahaya Pratiwi merasa senang menghadapi Kejuaraan Dunia level senior untuk kali pertama. Sebelumnya mereka sempat sukses meraih medali perak di Kejuaraan Dunia Junior 2019.

"Sejauh ini persiapannya sudah lumayan bagus, tinggal kita pertahankan saja. Semua kami siapkan apalagi ini Kejuaraan Dunia pertama tapi terutama di mental ya," kata Tiwi.

Dari hasil undian, Ribka/Fadia akan menghadapi Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (Taiwan) di babak pertama. Sedangkan Febriana/Pratiwi akan melawan Margot Lambert/Anne Tran (Prancis).

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT