ADVERTISEMENT

Anthony Ginting Alami Cedera Punggung

Mercy Raya - Sport
Rabu, 31 Agu 2022 11:19 WIB
TOKYO, JAPAN - AUGUST 26: Anthony Sinisuka GIinting of Indonesia competes in the Mens Singles Quarter Finals match against Viktor Axelsen of Denmark on day five of the BWF World Championships at Tokyo Metropolitan Gymnasium on August 26, 2022 in Tokyo, Japan. (Photo by Toru Hanai/Getty Images)
Anthony Sinisuka Ginting mengalami cedera punggung dan mundur dari Japan Open 2022 (Foto: Getty Images/Toru Hanai)
Jakarta -

Anthony Sinisuka Ginting memutuskan mundur dari Japan Open 2022. Ia mengalami cedera punggung bagian bawah.

Hal itu diungkapkan dr. Grace Joselini Corlesa, dokter PBSI yang menemani tim Indonesia selama berada di Jepang, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/8/2022).

Menurut Grace, rasa sakit yang diderita Ginting sejatinya sudah dirasakan sejak babak perempatfinal melawan Viktor Axelsen di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 lalu. Untuk itu, pihaknya langsung melakukan terapi guna memulihkan kondisi juara Singapore Open 2022 tersebut dan sudah mengalami kemajuan.

Namun, Ginting akhirnya diputuskan untuk ditarik dari Japan Open. Sebab, meskipun ada progres tetap akan berdampak besar jika memaksakan untuk bertanding.

"Sampai kemarin ada progres membaik tapi bila dipaksakan untuk bermain hasilnya pasti tidak maksimal dan bahkan risiko cederanya makin parah," tutur Grace.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan keputusan mengambil langkah menarik Ginting dari keikutsertaan di Japan Open usai mendengar keterangan pihak-pihak terkait.

"Saya mendengar dari pelatih Irwansyah bahwa ada satu momen ketika melawan Viktor, Ginting mencoba mengambil bola yang membuat punggungnya sakit," ujar Rionny.

"Ginting masih mencoba latihan dua hari kemarin tapi memang dia bilang tidak sanggup untuk bertanding karena rasa sakit apalagi ketika menunduk. Rekomendasi dokter juga tidak memberikan izin untuk dia bertanding, jadi kita memutuskan untuk menariknya," Rionny menjelaskan.

Rionny lantas berharap dengan penanganan yang baik, Ginting dapat lekas pulih dan kembali berlatih dan bertanding.

"Rencananya Ginting akan pulang lebih awal ke Jakarta untuk mendapat perawatan di sana. Semoga dia lekas pulih dan kembali berlatih juga bertanding," harap Rionny.

(mcy/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT