Ranking BWF Terbaru: Anthony Ginting Tembus Nomor 2 Dunia

ADVERTISEMENT

Ranking BWF Terbaru: Anthony Ginting Tembus Nomor 2 Dunia

Mercy Raya - Sport
Selasa, 24 Jan 2023 11:20 WIB
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting berpose dengan pialanya usai kalah dari lawannya asal Denmark Viktor Axelsen dalam pertandingan babak final BWF World Tour Finals 2022 di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (11/12/2022). Anthony Ginting harus puas sebagai runner up usai kalah dari Viktor dengan skor 13-21 dan 14-21. ANTARA FOTO/Handout/Humas PBSI/app/nz.
Anthony Sinisuka Ginting menembus posisi kedua ranking BWF. (Foto: ANTARA FOTO/HUMAS PBSI)
Jakarta -

Ranking Badminton World Federation (BWF) terbaru telah diumumkan. Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting kini menembus peringkat kedua dunia untuk kali pertama.

BWF mengumumkan tepat pada 24 Januari 2023, bersamaan dengan dimulainya turnamen Indonesia Masters yang akan bergulir sepekan ke depan.

Dari lima sektor, ada enam wakil Indonesia yang mampu masuk top 10 dunia di nomornya masing-masing. Mereka ialah Anthony Ginting yang mendapatkan status anyarnya pada pekan ini.

Ia mampu menembus peringkat kedua dunia, yang juga merupakan torehan terbaiknya sepanjang kariernya selama menjadi pebulutangkis.

Sejauh ini, performa Ginting memang cukup meyakinkan. Hal itu tak lepas dari hasil turnamen yang ia raih dalam dua pekan terakhir. Peraih medali perunggu itu terhenti di perempatfinal Malaysia Open dan semifinal India Open 2023.

Juara Singapore Open 2022 itu kini hanya berada di bawah Viktor Axelsen. Pebulutangkis Denmark nomor 1 dunia yang masih mendominasi bulutangkis tunggal putra hingga saat ini.

Tak hanya Ginting, Jonatan Christie juga memperbaharui peringkatnya. Dia kembali ke peringkat 3 dunia, setelah pekan sebelumnya posisinya tergeser oleh Ginting.

Dari sektor lain, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih merajai nomor ganda putra. Saat ini poinnya terus bertambah setelah di India Open, mereka menembus babak semifinal. Mereka mengemas 92.855 poin.

Sayangnya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang sebelumnya menempati peringkat kedua, kini posisinya digantikan oleh Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia).

Juara dunia tiga kali itu (2013, 2015, 2019) kini berada di ranking ketiga menyusul capaian keduanya di dua turnamen yang mereka lakoni dalam dua pekan terakhir. Mereka tersingkir di babak pertama India Open dan perempatfinal Malaysia Open 2023.

Dari nomor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti tetap bertahan pada posisi kelima. Saat ini, mereka mengoleksi 70.300 poin.

Perubahan juga tak terjadi di ganda campuran Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari yang tetap berada di peringkat kesembilan.



Simak Video "Fajar/Rian Ganda Putra Nomor 1 Dunia, Kevin/Marcus Ke-23"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT