DetikSepakbola
Rabu 13 Juni 2018, 00:00 WIB

5 Hal Unik yang Dilakukan Pendukung Tim Sepakbola

adv - detikSport
5 Hal Unik yang Dilakukan Pendukung Tim Sepakbola Ilustrasi foto: shutterstock
Jakarta -

Sudah menjadi tradisi, Piala Dunia selalu disambut suka cita oleh seluruh penduduk berbagai belahan dunia. Euforia tersebut biasanya disalurkan dengan menantikan penampilan para pemain andalan di lapangan hijau, hingga menjadi supporter setia masing-masing negara.

Uniknya, supporter atau biasa disebut pemain ke-12 ini selalu punya cara tersendiri untuk memberikan dukungan. Biasanya, berbagai cara tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menunjukan loyalitas serta mengenal lebih dekat tim andalan. Nah, berikut ini merupakan hal unik yang biasa dilakukan para pendukung tim sepakbola saat Piala Dunia berlangsung :

Begadang untuk Nonton Tim Jagoannya

Berada ribuan kilometer dari stadion tidak menjadi penghalang bagi para supporter timnas sepakbola untuk memperlihatkan dukungan. Pasalnya, banyak para pendukung yang rela begadang untuk sekadar menonton pertandingan saat tim andalan beraksi.

Meskipun keesokan harinya tetap sibuk beraktivitas seperti biasa, para supporter tidak akan merasa keberatan untuk tetap terjaga hingga dini hari. Uniknya lagi, rasa kantuk dan lelah seakan hilang ketika tim kesayangan menang.

Membeli jersey dan Atribut Pendukung Lainnya

Jersey merupakan identitas dari sebuah tim olahraga. Namun bagi penggemar fanatik, jersey merupakan atribut yang wajib dimiliki sebagai wujud kecintaan terhadap suatu tim. Tak hanya jersey, banyak supporter juga rela menabung untuk membeli atribut lain seperti syal, ikat kepala, dan bendera tim kesayangan. Mengenakan atribut dianggap sebagai kebanggaan tersendiri bagi supporter karena dinilai dapat menunjukan loyalitas kepada tim yang didukung.

Punya Pemain Favorit

Penggemar sepakbola setidaknya memiliki satu pemain yang dikagumi. Ada yang menjadi favorit karena memiliki skill individual yang baik, dan tidak sedikit yang diidolakan karena ketampanan parasnya.

Oleh karena itu, banyak supporter setia yang rela melakukan berbagai hal agar bisa dekat dengan idolanya. Beberapa hal yang lazim dilakukan di antaranya mengoleksi poster pemain yang menjadi andalan, membeli jersey dengan nama dan nomor punggung pemain idola, hingga mengikuti akun media sosial sang idola agar selalu update kehidupan sehari-hari mereka.

Bergabung ke Komunitas Pendukung Tim Sepakbola

Sebagai acara olahraga paling populer, banyak pendukung sepakbola yang menunjukkan loyalitasnya dengan ikut bergabung dalam komunitas pendukung tim andalan. Selain menjadi wadah menjalin komunikasi sesama anggota, bergabung dalam komunitas juga berperan sebagai pusat informasi untuk mendapatkan berita terbaru dari tim yang diandalkan. Dengan begitu, fans tak akan ketinggalan isu-isu hangat yang berkaitan dengan tim favoritnya.

Selain itu, komunitas juga sering melakukan kegiatan rutin seperti futsal dan menonton bersama pertandingan saat ada kompetisi bergengsi. Hal tersebut tentunya akan semakin mempererat hubungan antar anggota dan meningkatkan rasa cinta terhadap tim kesayangan.

Mengoleksi Official Merchandise

Beberapa pendukung fanatik tim sepakbola selalu berusaha untuk membeli merchandise resmi tim favoritnya. Terlebih jika tim andalannya masuk kualifikasi Piala Dunia. Memiliki merchandise resmi akan menjadi kepuasan sendiri bagi para fans.

Bagi kamu yang sedang mencari merchandise resmi tim andalan yang bermain di Piala Dunia 2018, tak perlu pusing lagi untuk mendapatkannya. Kini, official merchandise Piala Dunia 2018 bisa kamu dapatkan secara eksklusif di Traveloka dengan mekanisme penukaran Traveloka Poin.

Caranya, cukup tukar poin dalam jumlah tertentu dengan official merchandise yang kamu inginkan, nantinya pihak Traveloka akan menghubungi via e-mail guna melakukan verifikasi data. Setelah lengkap, barang akan dikirim ke rumah selambat-lambatnya 14 hari kerja. Kamu juga akan mendapatkan nomor resi pengiriman pada e-mail untuk mempermudah pengecekan pengiriman barang di situs web mitra logistik Traveloka.

Itulah beberapa hal unik yang dilakukan supporter sepakbola saat mendukung tim favoritnya. Dukungan dilakukan dengan berbagai cara mulai dari masuk komunitas hingga mengoleksi official merchandise. Lalu, apa saja cara unik yang dilakukan untuk mendukung tim favorit kamu?


(adv/adv)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Piala Dunia 2018

    Sanjungan Pele ke Mbappe

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 11:25 WIB Rekor Pele sebagai remaja yang mencetak gol di final Piala Dunia 2018 disamai Kylian Mbappe. Legenda Brasil itu pun langsung memberikan sanjungannya.
  • Sanjungan Pele kepada Kylian Mbappe

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 11:33 WIB Legenda Brasil Pele memberikan sanjungannya kepada Kylian Mbappe usai mencetak gol di final Piala Dunia 2018. Mbappe menyamai capaian yang diraih Pele yakni menjadi pemain termuda yang mencetak gol di final Piala Dunia.
  • Yang Terbaik di Piala Dunia 2018

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 09:39 WIB Piala Dunia 2018 tuntas digelar. Selain Prancis yang menjadi juara, inilah pemain dan tim yang mendapat penghargaan terbaik di Rusia.
  • Foto Sepakbola

    Kehebohan Fans Usai Final Piala Dunia 2018

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 10:34 WIB Piala Dunia 2018 sudah tuntas dengan Prancis tampil sebagai juaranya. Para fans baik Prancis maupun Kroasia pun tumpah ruah di luar stadion.
  • Si Hugo Lloris (Karius)

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 05:51 WIB Kesalahan memalukan dilakukan Hugo Lloris saat Prancis merebut trofi Piala Dunia 2018. Lloris jadi bahan tertawaan, yang membandingkan dia dengan Loris Karius.
  • Foto Sepakbola

    Prancis Kampiun Piala Dunia 2018

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 01:20 WIB Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2. Ini menjadi titel kedua Prancis, setelah yang pertama didapat pada 1998.
  • Piala Dunia 2018

    Video: Sindiran Pogba Teruntuk Suporter Inggris

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 09:54 WIB Paul Pogba menyindir suporter Inggris usai menjuarai Piala Dunia 2018 bersama Prancis. Seperti apa kelakuan gelandang Manchester United ini?
  • Dewi Fortuna Sedang Tidak Berpihak ke Kroasia

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 08:58 WIB Pelatih Kroasia Zlatko Dalic menilai timnya sudah menampilkan permaian terbaik di final Piala Dunia 2018. Yang kurang dari Kroasia hanya keberuntungan.
  • 20Detik

    Prancis Menang, Warganya Rusuh

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 08:49 WIB Dalam gerombolan warga yang berbahagia, ada bentrokan kecil antara suporter dengan polisi. Aksi saling lempar terjadi, polisi menembakkan gas air mata.
  • Piala Dunia 2018

    Video: Modric dan Mbappe Jadi yang Terbaik

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 08:29 WIB Luka Modric dan Kylian Mbappe dinobatkan menjadi yang terbaik di Piala Dunia 2018. Modric menjadi pemain terbaik sementara Mbappe adalah pemain muda terbaik.
  • Paul Pogba pun Wujudkan Impian Masa Kecil

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 08:01 WIB Prancis sudah berhasil menjadi juara Piala Dunia 2018. Pilar lini tengah Les Bleus, Paul Pogba, pun mampu mewujudkan impian masa kecilnya.
  • Piala Dunia 2018

    Putin Serahkan Estafet Tuan Rumah Piala Dunia ke Qatar

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 07:07 WIB Piala Dunia 2018 di Rusia sudah usai. Qatar akan menjadi tuan rumah Piala dunia 2022. Presiden Putin pun secara resmi menyerahkan tongkat estafet ke Emir Qatar.
  • Kata Hugo Lloris soal Blunder-nya

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 06:45 WIB Kemenangan Prancis atas Kroasia di final Piala Dunia 2018 menjadi kurang sempurna. Kiper sekaligus kaptennya, Hugo Lloris, melakukan kesalahan memalukan.
  • Piala Dunia 2018

    Video: Selamat! Inilah Si Super Prancis

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 04:05 WIB Usai sudah Piala Dunia 2018. Prancis keluar sebagai juara setelah mengandaskan Kroasia di final dengan skor telak 4-2. Selamat buat Griezmann dkk!
  • Piala Dunia 2018

    Video: 4 Gol yang Antar Prancis Jadi Juara Dunia

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 06:17 WIB Prancis mengalahkan Kroasia 4-2 di final Piala Dunia 2018. Salah satu gol tercipta karena bunuh diri Mandzukic. Yuk kita lihat gol-golnya di video berikut ini.
  • Piala Dunia 2018

    Video Highlights: Prancis Vs Kroasia, Skor 4-2

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 00:14 WIB Prancis akhirnya menjadi juara di Piala Dunia 2018. Prancis membekuk Kroasia dengan skor telak 4-2. Ini kedua kalinya Prancis memenangi piala dunia.
  • Arema Datangkan Makan Konate

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 04:19 WIB Arema FC kembali mendatangkan pemain eks Sriwijaya FC. Setelah Hamka Hamzah dan Alfin Tuasalamony, Singo Edan merekrut Makan Konate.
  • Prancis Tunjukkan Kekuatan Mental

    Sepakbola | Senin 16 Juli 2018, 04:26 WIB Didier Deschamps memuji kekuatan mental Prancis usai menjuarai Piala Dunia 2018. Menurut Deschamps, itu jadi salah satu kunci keberhasilan Prancis.