DetikSepakbola
Sabtu 16 Juni 2018, 00:00 WIB

Kenalan dengan Zabivaka, Maskot Piala Dunia 2018 dari Rusia

adv - detikSport
Kenalan dengan Zabivaka, Maskot Piala Dunia 2018 dari Rusia Sumber: Shutterstock
Jakarta -

Keberadaan maskot dalam ajang Piala Dunia tak bisa dipandang remeh. Maskot memiliki peran penting dalam menunjukkan sisi lain dari gelaran pesta sepak bola yang kompetitif. Dengan adaptasi bentuk dari binatang, buah, manusia, serta bentuk lainnya, maskot berhasil memperlihatkan sisi fun dan mengibur dari perhelatan akbar ini.

Diselenggarakan setiap empat tahun sekali, Piala Dunia selalu memiliki maskot yang berbeda pada setiap penyelenggaraannya. Pemilihan maskot disesuaikan dengan ciri khas dari negara tuan rumah. Pada Piala Dunia 2018, Rusia sebagai tuan rumah menjadikan karakter serigala dengan nama Zabivaka sebagai maskot resmi.

Perjalanan Zabivaka Sebelum Resmi Terpilih

Perjalanan Zabivaka untuk terpilih sebagai maskot Piala Dunia 2018 cukup panjang. Pertama, pihak panitia mengadakan survei secara online pada anak-anak. Mereka diminta untuk memilih satu binatang yang paling favorit. Dari hasil survei, didapatkan tiga binatang dengan suara terbanyak, yaitu serigala, harimau, dan kucing.

Selanjutnya, panitia membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengirimkan ide desain untuk maskot dari tiga binatang terpilih. Dalam pemungutan suara yang melibatkan lebih dari 1 juta orang, Zabivaka terpilih setelah berhasil unggul dengan 53% suara, mengalahkan harimau dan kucing. Hasil desain dari Ekaterina Bocharova ini pun resmi terpilih sebagai maskot Piala Dunia 2018.

Karakter Zabivaka

Sebagai maskot, Zabivaka memiliki sejumlah karakteristik yang membuatnya lebih mudah dikenal. Zabivaka digambarkan sebagai pemain muda yang energik, penuh percaya diri, dan selalu menjadi pemain kunci saat tim mencetak gol.

Selain berjiwa kompetitif, karakter Zabivanka juga digambarkan memiliki sisi humoris dan menghibur. Satu ciri khasnya yang paling terlihat adalah ia selalu mengenakan kacamata keren saat bertanding karena percaya bahwa kacamatanya membawa keberuntungan.

Filosofi Zabivaka

Zabivaka memiliki arti nama "pencetak gol". Dalam biogrofi resmi di laman FIFA, Zabivaka digambarkan sebagai penjelmaan sosok memesona dan disimbolkan ke dalam serigala muda yang sedari kecil bercita-cita menjadi pemain profesional. Dengan teknik yang mumpuni, Zabivanka selalu berkontribusi untuk kemenangan tim.

Selain itu, kacamata pada Zabivaka juga memiliki filosofi tersendiri. Kacamata tersebut melambangkan nilai tambah yang berkaitan dengan akurasi ketika sedang berlaga di lapangan. Akurasi yang terdapat dalam kacamata Zabivaka juga diharapkan dapat ditampilkan pemain yang berlaga di Piala Dunia 2018 sehingga menjadikan pertandingan menjadi lebih menarik dan kompetitif.

Tugas Utama Maskot Terpilih

Setelah terpilih, maskot resmi akan dijadikan bahan sebagai alat sosialisasi penyelenggaraan Piala Dunia. Selanjutnya, maskot terpilih ini akan digunakan sebagai materi promosi Piala Dunia oleh FIFA dan tersebar ke seluruh dunia dalam bentuk merchandise.

Salah satu materi promosi yang paling diingat yang dilakukan oleh Naranjito, maskot Piala Dunia 1982. Naranjito yang berbentuk buah jeruk ini dianggap sebagai salah satu maskot paling populer sepanjang masa. Bahkan, ia merupakan satu-satunya maskot yang memiliki acara kartun sendiri hingga 20 episode.

Maskot Lain Sebelum Zabivanka

Selain menghibur dan unik, sejumlah maskot terpilih FIFA juga memiliki pesan khusus di dalamnya. Hal itu juga berlaku pada maskot Piala Dunia sebelum Zabivanka seperti Tip and Tap, maskot Piala Dunia 1974 di Jerman yang disimbolkan dengan dua anak muda saling merangkul dan dianggap sebagai penggambaran Jerman Timur dan Barat. Tip and Tap mencoba mengirim pesan bahwa keduanya tetap bersatu dan hangat.

Ada pula maskot Fuleco pada gelaran Piala Dunia 2014 di Brazil yang disimbolkan dengan binatang endemik di Brazil tatu-bolaatau three-banded armadillo. Dalam 10 tahun terakhir, tatu-bola mengalami penurunan populasi hingga 30% yang membuatnya masuk ke dalam kategori binatang terancam punah. Dengan memilih Fuleco sebagai maskot Piala Dunia 2014, Brazil berharap agar keberadaan tatu-bola tetap dijaga dengan baik.

Itu dia fakta unik seputar Zabivanka, maskot Piala Dunia 2018 di Rusia yang dapat kamu ketahui. Selain sebagai simbol, maskot juga memiliki pesan dan filosofi tersendiri di dalamnya. Filosofi yang ada juga tak jarang mengandung pengharapan pada pagelaran akbar Piala Dunia. Agar tidak melewatkan momen terbaiknya, kamu bisa memantau jadwal pertandingan Piala Dunia 2018 di Traveloka. Selamat menonton Piala Dunia!


(adv/adv)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed