Perkiraan Formasi Argentina vs Islandia

Doni Wahyudi - Sepakbola
Sabtu, 16 Jun 2018 18:55 WIB
Perkiraan formasi Argentina vs Islandia (Albert Gea/Reuters)
Jakarta - Argentina vs Islandia dilabeli sebagai laga tim unggulan menghadapi kuda hitam di Piala Dunia 2018. Bagaimana Albiceleste menyiapkan tim melawan pasukan dari ujung utara Eropa?

Meski punya Lionel Messi, Argentina datang ke Piala Dunia 2018 dengan banyak keraguan. Persiapan mereka menuju Rusia jauh dari ideal.

Setelah bisa lolos dengan susah payah melalui laga terakhir babak kualifikasi, Argentina dapat masalah lain. Dua pertandingan ujicoba yang sudah dijadwalkan harus dibatalkan.

Argentina Kurang Meyakinkan

Itu artinya skuat besutan Jorge Sampaoli cuma menjalani dua pemanasan. Yang pertama kemenangan 4-0 atas Haiti dan dilanjutkan dengan kekalahan 1-6 di tangan Spanyol.

Sejak ditunjuk sebagai pelatih Argentina, Sampaoli telah bereksperimen dengan beberapa skema permainan. Dia punya kecenderungan menurunkan 4-2-3-1, di mana beberapa hasil positif bisa didapat.

Karena Sergio Romero cedera jelang keberangkatan ke Rusia, maka posisi kiper nomor satu Argentina akan ditempati Willy Caballero. Bersama Chelsea di musim 2017/2018, Caballero total hanya main 13 kali (3 di Premier League).

Kalau tak ada cedera atau hal krusial lainnya, Sampaoli sudah punya empat pemain utama sebagai bek. Gabriel Mercado dan Nicolas Tagliafico menjadi dua full back. Sementara Nicolas Otamendi dan Federico Fazio berada di sentral pertahanan.

Ada dua jangkar yang disiapkan Sampaoli untuk mengisi posisi tengah lapangan yakni Lucas Biglia dan Javier Mascherano. Yang jadi masalah, kedua pemain itu masing-masing berusia 34 dan 32 tahun.

Angle Di Maria akan mengisi pos sayap kiri. Sementara di sisi kanan persaingan akan ketat, meski Cristian Pavon punya peluang besar diturunkan setelah dia tampil oke bersama Boca Juniors.

Terakhir, Sergio Aguero dan Lionel Messi akan menjadi tumpuan menjebol gawang lawan. Aguero punya kedekatan khusus dengan Messi, tapi bukan tak mungkin posisinya akan diberikan pada Gonzalo Higuain.

Perkiraan formasi Timnas ArgentinaPerkiraan formasi Timnas Argentina Foto: ist.


Menanti Kejutan Islandia

Setelah tampil mengejutkan di Piala Eropa 2016, Islandia dianggap punya potensi besar untuk mengulanginya di Piala Dunia 2018 ini.

Heimir Hallgrimsson kerap tampil dengan skema 4-4-2. Menumpuk pemain di lini belakang mungkin akan jadi pilihan demi meredam agresivitas Argentina.

Kiper veteran Hannes Halldorsson rasanya tak akan bisa digeser oleh nama lain. penjaga gawang 34 tahun itu bakal sibuk sepanjang 90 menit karena dia bakal berhadapan dengan Lionel Messi (atau Di Maria serta Aguero/Dybala).

Dua bek tengah, Karl Arnason dan Ragnar Sigurdsson, diharapkan bisa menyaring gelombang serangan Argentina. Pun begitu terhadap Hordur Magnusson dan Birkir Saevarsson yang berjaga di sisi lapangan.

Pada lapangan tengah, kapten Aron Gunnarsson akan bahu membahu dengan Birkir Bjarnason. Sementara Alfred Finnbogaso berpeluang jadi striker tunggal dengan ditemani Gylfi Sigurdsson.

Perkiraan Formasi Argentina vs IslandiaFoto: ist.



Messi Cs Bersiap Hadapi Islandia, Tonton Videonya di 20detik:

[Gambas:Video 20detik]

(din/ran)