DetikSepakbola
Senin 18 Juni 2018, 12:43 WIB

Piala Dunia 2018

Lima Tim Top Tak Menang di Laga Awal, Belgia Bagaimana?

Randy Prasatya - detikSport
Lima Tim Top Tak Menang di Laga Awal, Belgia Bagaimana? Belgia akan berhadapan dengan Panama di laga awal Piala Dunia Grup G. (Foto: Eric Vidal/Reuters)
Jakarta - Lima tim top di posisi teratas peringkat FIFA, termasuk Jerman, Brasil, dan Argentina, gagal menang di laga pertama Piala Dunia 2018. Bagaimana nasib Belgia?

Belgia, yang ada di peringkat ketiga peringkat dunia FIFA, akan berhadapan dengan Panama dalam laga Grup G Piala Dunia 2018. Keduanya akan bertanding di Fisht Stadium, Senin (18/6/2018) malam WIB.

Meski Belgia dalam posisi diunggulkan, mereka tetap tidak boleh lengah. Sejauh ini lima tim di enam posisi teratas peringkat FIFA belum ada yang memetik kemenangan.

Belgia selaku unggulan di grup tersebut tentu dijagokan menang menghadapi Panama selaku anak baru di turnamen ini. Tapi, tim besutan Roberto Martinez tidak boleh terlena dengan status unggulan.




The Red Devils harus berkaca pada hasil-hasil yang didapat oleh Jerman, Brasil, Portugal, dan Argentina di masing-masing laga pertama mereka. Jerman, tim peringkat pertama FIFA sekaligus juara bertahan, menjadi tim dengan hasil paling buruk setelah kalah 0-1 dari Meksiko.

Brasil (peringkat kedua FIFA) juga tak menang setelah berimbang 1-1 dengan Swiss (peringkat keenam FIFA). Artinya, Brasil sudah tiga kali secara beruntun tidak menang di Piala Dunia, padahal mereka salah satu tim yang dijagokan juara.

Kemudian ada Portugal (peringkat keempat FIFA) yang tidak menang setelah berimbang 3-3 dengan Spanyol. Sempat unggul duluan, Cristiano Ronaldo dkk. baru bisa memaksa hasil imbang di menit ke-88.




Kejutan lainnya datang di laga Argentina (peringkat kelima). Albiceleste berimbang 1-1 dengan Islandia, yang merupakan tim debutan di Piala Dunia. Tim besutan Heimir Hallgrimsson berhasil membendung gempuran bertubi-tubi dari Argentina dan sang kiper menahan tendangan penalti Lionel Messi di babak kedua.

Belgia harus kian waspada karena jika merujuk pada tiga laga akhir Panama jelang Piala Dunia, mereka juga tidak meraih hasil yang jelek-jelek amat. Tim besutan Hernan Dario Gomez masing-masing mendapat kemenangan, imbang, dan kekalahan.

Jumlah kebobolan Panama di tiga laga akhir juga tidak buruk. Setelah dilumat Swiss 0-6, mereka cuma kebobolan satu kali. Itu diderita saat kalah 0-1 dari Norway. Artinya, pertahanan Panama punya potensi merepotkan untuk Eden Hazard, Kevin de Bruyne, dan Romelu Lukaku.

So, bagaimana nanti kiprah Belgia?




Radja Nainggolan Dicoret Dari Timnas Belgia, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(ran/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed