DetikSepakbola
Selasa 19 Juni 2018, 18:22 WIB

Laporan Dari Rusia

Panama Main Keras, tapi Bukan Kasar

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Panama Main Keras, tapi Bukan Kasar Aksi tekel pemain Panama pada pemain Belgia saat kedua tim bertemu di Piala Dunia 2018 (Hannah McKay/Reuters)
Jakarta - Panama dikritik karena permainan keras menjurus kasar saat menghadapi Belgia. Tapi, pelatih Panama Hernan Dario Gomez membantah hal itu dilakukan untuk mencederai lawan.

Panama melakoni debutnya di Piala Dunia 2018 dengan menghadapi salah satu favorit juara, Belgia, di Fisht Stadium, Sochi, Senin (18/6/2018) malam WIB kemarin. Secara kualitas tim, jelas Panama berada jauh di bawah Belgia yang diperkuat banyak bintang-bintang liga top Eropa.

Wajar jika Panama tak bisa berbuat banyak dan cuma beberapa kali melancarkan serangan balik. Sempat mengimbangi Belgia di babak pertama tanpa gol, Panama lantas kebobolan cepat di awal babak kedua dari gol Dries Mertens.



Setelah itu Panama pun coba meredam lagi serangan Belgia yang begitu deras. Mau tak mau permainan keras menjurus kasar pun harus diperlihatkan. Khususnya Eden Hazard yang terus mendapat tekel demi tekel dari para pemain Panama.

Wasit pun harus mengeluarkan lima kartu kuning untuk pemain Panama, satu di babak pertama dan sisanya di babak kedua. Ini jadi kartu kuning terbanyak yang diberikan wasit untuk sebuah tim setelah Belanda dengan tujuh kartu kuning di final Piala Dunia 2010.

Total delapan kartu kuning sepanjang 90 menit juga menjadikan laga ini sebagai yang terbanyak melahirkan kartu di Piala Dunia 2018 dan lebih banyak juga ketimbang turnamen empat tahun lalu.



Panama pun diprediksi bakal melakukan hal serupa saat menghadapi Inggris di matchday kedua yang dihelat di Nizhny Novgorod, Minggu (24/6) mendatang. Tapi, Gomez membantah hal itu dan justru menyoroti Inggris yang dianggap punya permainan lebih keras.

"Lawan Inggris main keras juga? Kami adalah tim yang sangat terorganisir, bermain dengan taktik, kadang kami terlihat keras, tapi ada banyak tim juga yang seperti ini. Mereka adalah pemain yang kuat, saya hari ini juga melihat pemain Belgia juga bermain keras. Tapi kami tidak ingin mencederai pemain Belgia dan saya bilang ini kepada para pemain," ujar Gomez dalam sesi jumpa pers yang juga dihadiri detikSport.

"Anda juga lihat para pemain Inggris juga punya gaya seperti itu," sambungnya.

"Memang banyak pemain yang kena kartu kuning di laga ini, tapi kami harus bermain dengan tim yang sama karena kami akan menghadapi tim kuat lainnya, Inggris," tutup Gomez.



Tonton juga 'Highlight Full Time Belgia Vs Panama':

[Gambas:Video 20detik]


(mrp/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed