sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 20 Jun 2018 18:40 WIB

Tentang Aliou Cisse, Pelatih Eksentrik Senegal

Redzi Arya Pratama - detikSport
Aliou Cisse, pelatih nyentrik Timnas Senegal (REUTERS/Grigory Dukor)
Jakarta - Aliou Cisse jadi pelatih bergaji terendah di Piala Dunia 2018, juga satu-satunya berkulit hitam. Dengan gayanya yang eksentrik, dia memimpin Senegal mengalahkan Polandia.

Perayaan Cisse atas gol kedua Senegal ke gawang Polandia viral di media sosial. Sebenarnya tak ada ekspresi berlebih dia tunjukkan. Dengan tenang dia mengepalkan tangan ke depan dada dan mengayun tiga kali.



Gaya Cisse terbilang eksentrik. Ada juga momen yang mana dia membuka telapak tangannya dan melakukan gerakan seperti mencakar. Sekali lagi, media sosial ramai menanggapi aksi Cisse ini.

Cisse adalah satu-satunya pelatih kulit hitam di Piala Dunia 2018. Dengn baru berusia 42 tahun, dia juga menjadi pelatih termuda di turnamen ini.


Aksi Aliou Cisse, Pelatih Termurah dan Nyentrik Asal Senegal:

[Gambas:Video 20detik]




Sudah memimpin Senegal sejak 2015, semangat yang diberikan Cisse di pinggir lapangan dianggap sebagai salah satu inspirasi para pemain Senegal. Menurut Mirror, Cisse juga merupakan pelatih dengan bayaran terendah di Piala Dunia 2018, yakni 174.500 poundsterling (Rp 3,2 miliar).

Cisse bukan nama asing di sepakbola Senegal. Dia bahkan bisa dibilang salah satu pesepakbola terbaik mereka di era modern. Sosok yang merupakan gelandang bertahan saat masih bermain itu adalah kapten Senegal kala menembus Piala Dunia untuk pertama kalinya pada 2002.

Saat itu Cisse bersama bintang Senegal lainnya seperti El-Hadji Diouf dan Papa Bouba Diop mampu mengalahkan juara bertahan Prancis pada laga perdana, pun membawa timnasnya menembus perempatfinal, sebelum kalah 0-1 dari Turki.

"Para pemain datang ke sini (Piala Dunia) dengan determinasi tinggi. Mereka bekerja dengan sangat keras dan saya pikir generasi ini harus mendapat kredit dan respek besar," ungkap Cisse tentang timnya di Piala Dunia 2018 setelah kemenangan melawan Polandia.

Setelah melewati ujian pertama, laga krusial selanjutnya akan terjadi di laga kedua mereka melawan Jepang. Mengetahui Jepang mampu mengalahkan Kolombia, laga Senegal melawan Jepang akan sangat menentukan bagi kedua tim. Cisse bisa jadi makin diperbincangkan jika Senegal kembali mampu lolos ke perempatfinal seperti 2002.


Simak Highlight Full Time Polandia vs Senegal di 20detik:

[Gambas:Video 20detik]

(din/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com