sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 23 Jun 2018 12:00 WIB

Gambaran Terkini Peluang Argentina di Piala Dunia 2018

Kris Fathoni W - detikSport
Tentang gambaran terkini peluang Argentina di Piala Dunia 2018 (Foto: Ivan Alvarado/Reuters)
Jakarta - Argentina masih punya kans realistis untuk lolos dari fase grup menuju babak berikutnya. Berikut gambaran terkini peluang Argentina di Piala Dunia 2018.

Satu tiket dari Grup D Piala Dunia 2018 sudah jadi milik Kroasia. Tinggal Nigeria, Islandia, dan Argentina yang masih harus berjibaku untuk memperebutkan satu tiket terakhir.



Saksikan juga video 'Statistik Messi Melawan Kroasia':

[Gambas:Video 20detik]


Keempat tim itu masing-masing sudah menjalani dua laga. Yang teranyar adalah Nigeria vs Islandia, Jumat (23/6/2018), yang berakhir dengan kemenangan 2-0 buat tim Elang Super untuk menambah sengit persaingan di klasemen Grup D Piala Dunia 2018.

Kroasia, yang sudah dipastikan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018, kini bertengger di posisi pertama dengan 6 poin. Nigeria menempati posisi kedua (3 poin), dan Islandia mengungguli Argentina dalam selisih gol setelah kedua tim sama-sama punya 1 poin.

Dengan gambaran tersebut, peluang Argentina di Piala Dunia 2018 pun masih terbuka. Tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi di laga terakhirnya nanti untuk bisa lolos dari fase grup.




Laga penentuan Grup D Piala Dunia 2018 akan dimainkan tanggal 26 Juni nanti, atau Rabu (27/6) dini hari WIB. Argentina bakal menghadapi Nigeria dan Islandia vs Kroasia dimainkan secara bersamaan.

Pada dasarnya skenario Argentina untuk bertahan di Piala Dunia 2018 adalah dengan cara mengalahkan Nigeria dan berharap Islandia tidak menang atas Kroasia. Hal itu memastikan Lionel Messi cs lolos ke babak berikutnya.

Nah, situasi akan jadi lebih pelik jika nantinya Argentina dan Islandia sama-sama meraih kemenangan dalam laga terakhirnya di fase grup Piala Dunia 2018. Jika demikian, Argentina dan Islandia akan punya poin sama dan satu tiket sisa untuk lolos dari grup ini bakal ditentukan lewat tie-breaker.


Baca juga: Klasemen Piala Dunia 2018


Kriteria pertama tie-breaker di Piala Dunia 2018 adalah selisih gol. Dengan situasi saat ini, Argentina yang masih kalah selisih gol dari Islandia harus bisa menang dengan skor lebih baik daripada rivalnya. Contoh: kalau Argentina menang 3-0 dan Islandia menang 2-1, kedua tim punya poin sama tapi selisih gol Argentina jadi 0 dan Islandia minus 1. Argentina mengungguli Islandia.

Kalau nantinya selisih gol Argentina dan Islandia masih sama, kriteria tie-breaker kedua yang akan dipakai adalah jumlah gol yang masing-masing mereka cetak di seluruh laga Grup D. Sedangkan kriteria ketiga dalam tie-break Piala Dunia 2018 adalah jumlah kartu.

Jadi pada dasarnya, agar tidak perlu repot pakai hitungan ini-itu, Argentina harus berusaha menang dengan skor sebesar-besarnya demi menjaga peluang di Piala Dunia 2018.

Klasemen Grup D Piala Dunia 2018Gambaran Terkini Peluang Argentina di Piala Dunia 2018



Simak Highlight Full Time Argentina Vs Kroasia di 20detik:

[Gambas:Video 20detik]




(krs/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com