DetikSepakbola
Minggu 24 Juni 2018, 11:27 WIB

Penebusan Sempurna Toni Kroos

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Penebusan Sempurna Toni Kroos Toni Kroos menentukan kemenangan Jerman lewat tendangan bebasnya di injury time (Foto: Michael Dalder/Reuters)
Sochi - Toni Kroos membuat kesalahan yang berujung bobolnya gawang Jerman di laga melawan Swedia. Akan tetapi, Kroos menebus kesalahannya itu dengan menjadi penentu kemenangan Jerman.

Jerman menang dramatis 2-1 atas Swedia pada pertandingan Grup F Piala Dunia 2018 di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Minggu (24/6/2018) dini hari WIB. Ini merupakan kemenangan pertama Die Mannschaft setelah di laga pertama mereka kalah 0-1 dari Meksiko.

Namun, Jerman meraih kemenangan itu dengan susah payah. Meski tampil sangat mendominasi, mereka sempat tersudut setelah Swedia mencetak gol lebih dulu melalui Ola Toivonen di babak pertama.

Gol Toivonen berawal dari salah umpan yang dilakukan oleh Kroos. Swedia kemudian memanfaatkannya untuk menyerang balik dan mencetak gol.

"Tentu saja, gol pertama adalah salah saya. Ketika Anda melakukan 400 operan dalam sebuah pertandingan, ada satu atau dua yang tak tepat sasaran," ujar Kroos seperti dikutip AFP.

Jerman mampu menyamakan kedudukan 1-1 lewat gol Marco Reus pada awal babak kedua. Tim asuhan Joachim Loew itu kemudian terus menekan demi meraih kemenangan.

Tapi, hingga berakhirnya waktu normal, skor masih sama kuat. Upaya Jerman mencetak gol tambahan belum membuahkan hasil.

Ketika injury time sudah memasuki menit kelima, gol kedua yang dicari Jerman tercipta. Kroos jadi bintang setelah tendangan bebasnya menembus gawang Swedia tanpa bisa dihentikan kiper Robin Olsen.

"Dia tentunya terlibat dalam kesalahan yang membuat Swedia mencetak gol pertama. Itu insiden yang disayangkan, tapi dia melakukan tendangan bebas dengan sangat baik di menit-menit terakhir," kata Loew soal penampilan Kroos.

"Jelas laga ini sangat menegangkan, penuh emosi, layaknya sebuah rollercoaster. Beberapa menit terakhir penuh drama, tapi laga-laga seperti itu memang ada dalam sepakbola. Ini adalah sesuatu yang terjadi berkali-kali dan ini adalah daya tarik untuk fans sepakbola," ujarnya di Reuters.



Kemenangan atas Swedia menghidupkan peluang Jerman untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Jerman kini mengoleksi tiga poin, sama dengan Swedia, dan berada di bawah Meksiko yang punya enam poin di klasemen Grup F.

Pada laga terakhir di babak penyisihan grup, Rabu (27/6/2018), Jerman akan melawan Korea Selatan, sedangkan Swedia akan berduel dengan Meksiko.



Ini dia 'Gol Penebus Dosa dari Toni Kroos'! Saksikan video selengkapnya di 20Detik:

[Gambas:Video 20detik]


(mfi/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed