DetikSepakbola
Minggu 24 Juni 2018, 16:10 WIB

Laporan Dari Sochi

Karena Semangat Jerman Masih Menyala

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Karena Semangat Jerman Masih Menyala Jerman menang 2-1 atas Swedia dan menjaga peluang lolos ke fase gugur Piala Dunia 2018. (Foto: Francois Lenoir/Reuters)
Jakarta - Jerman nyaris terdepak dari Piala Dunia 2018, sebelum kemudian lolos dari lubang jarum. Kebangkitan di laga lawan Swedia menunjukkan Jerman masih lapar.

Jerman menang 2-1 pada laga krusial melawan Swedia di Fisht Olympic Stadium, Minggu (24/6/2018) dinihari WIB tadi. Di pertandingan ini, Die Mannschaft menang dramatis lewat gol di masa injury time.

Ini video Highlights: Jerman Vs Swedia 2-1

Juara bertahan malah tertinggal lebih dulu usai dibobol Ola Toivonen di menit ke-32. Situasi ini bikin Jerman terjepit, karena mereka butuh menang untuk menjaga kans lolos.

Di paruh kedua, Jerman menyamakan skor melalui Marco Reus di menit ke-48. Kartu merah Jerome Boateng di menit ke-82 memberikan pukulan kembali untuk Jerman, tapi mereka malah mampu membalikkan keadaan lewat gol Toni Kroos dari bola mati.

Skor itu menjaga peluang Jerman, sekaligus mengangkat sebagian beban mereka usai kekalahan 0-1 dari Meksiko di laga pertama. Kini anak-anak asuh Joachim Loew berada di posisi dua dengan tiga poin, mengumpulkan nilai yang sama dengan Swedia dan tertinggal tiga poin dari Meksiko.


Bagi Reus, hasil ini menunjukkan semangat dan gairah Jerman sebagai juara bertahan masih ada. Sementara secara pribadi, catatan satu gol dan satu assist menjadi torehan istimewa untuknya di Piala Dunia pertamanya.

"Sejujurnya itu tak pernah mengganggu saya, bahwa saya melewatkan dua kali Piala Dunia dan ini adalah Piala Dunia pertama saya. Alih-alih, saya fokus ke bagaimana performa saya bisa membantu tim," kata Reus kepada detikSport di Fisht Stadium, usai pertandingan.

"Terkadang upaya saya berhasil, terkadang tidak. Kami menghadapi tekanan besar hari ini. Pada akhirnya, kami membuktikan bahwa semangat kami masih ada. Dan saya senang kami memenangi pertandingan," imbuhnya.

Jerman akan menjalani laga penentuan kontra Korea Selatan di Kazan Arena, Rabu (27/6) mendatang.



Simak juga video Gol Penebus Dosa dari Toni Kroos
(raw/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed