DetikSepakbola
Senin 25 Juni 2018, 02:55 WIB

Torehan Sejarah Keisuke Honda

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Torehan Sejarah Keisuke Honda Keisuke Honda mencetak sejarah lewat golnya ke gawang Senegal di Piala Dunia 2018 (Foto: Marcos Brindicci/Reuters)
Ekaterinburg - Keisuke Honda tak cuma menyelamatkan Jepang dari kekalahan saat menghadapi Senegal di Piala Dunia 2018. Honda juga membuat catatan spesial lewat golnya itu.

Jepang berbagi poin dengan Senegal di matchday 2 Grup H usai bermain imbang 2-2 di Ekaterinburg Arena, Minggu (24/6/2018) malam WIB. Dua kali tertinggal, dua kali pula Jepang mencetak gol balasan.

Honda mencetak satu gol dalam pertandingan tersebut. Pemain yang kini merumput di Meksiko dengan memperkuat Pachuca itu bikin gol di menit ke-78 untuk menghindarkan Jepang dari kekalahan.
Simak video Highlights Babak I Jepang Vs Senegal

Dengan satu gol tersebut, Honda mencatatkan sejarah. Dia menjadi pemain Jepang pertama yang mencetak gol di tiga Piala Dunia berbeda (2010, 2014, 2018). Demikian seperti dikutip dari Opta.

Secara keseluruhan, Honda sudah mengoleksi empat gol dari sembilan kali penampilannya di Piala Dunia. Mantan gelandang AC Milan itu pun tercatat sebagai pemain Asia dengan jumlah gol terbanyak di Piala Dunia.

Honda sekarang tercatat terlibat dalam tujuh dari 10 gol terakhir Jepang di Piala Dunia. Ia menyumbang empat gol dan tiga assist.

Honda juga membuat catatan lain lewat golnya ke gawang Senegal. Kini ia merupakan pencetak gol tertua untuk Jepang di Piala Dunia (32 tahun 11 hari), mematahkan rekor Masashi Nakayama (30 tahun 276 hari) yang dibuat pada 1998.

Honda kini sudah mencetak 37 gol untuk Jepang dari 97 kali penampilan. Ia menempati peringkat empat daftar pencetak gol terbanyak timnas Jepang, menyamai Hiromi Hara.



Cek video Fans Senegal dan Jepang Punguti Sampah Usai Pertandingan

(nds/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed