DetikSepakbola
Senin 25 Juni 2018, 12:47 WIB

Laporan Dari Sochi

Tak Ada Tangisan Jerman di Sochi, Bagaimana di Kazan?

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Tak Ada Tangisan Jerman di Sochi, Bagaimana di Kazan? Timnas Jerman terhindar dari tangisan di Sochi, tapi masih ada laga penentuan di Kazan (Foto: Michael Dalder/Reuters)
Sochi - Jerman terhindar dari tangis sedih di Sochi setelah mampu menjaga asa di Piala Dunia 2018. Tapi momen penentuan sang juara bertahan ada di Kazan.

Asa Jerman terjaga berkat kemenangan 2-1 atas Swedia pada laga kedua Grup F di Fisht Stadium, Sochi, Sabtu (23/6/2018). Hasil itu membuahkan poin perdana Die Mannschaft yang kalah dari Meksiko di laga pembuka.

Di Sochi, Jerman pun sempat dibuat deg-degan duluan ketika Ola Toivonen menjebol jala Manuel Neuer di babak pertama. Jerman ketinggalan dari Swedia di menit ke-32.




Barulah kemudian Marco Reus membuat publik Jerman bersorak setelah menyamakan skor di awal babak kedua. Tapi kartu merah untuk Jerome Boateng di menit ke-82 lantas membuat kubu Jerman niscaya deg-degan lagi.

Pada akhirnya gemuruh rasa senang campur lega dari Jerman muncul seiring dengan gol penentu kemenangan yang dicetak oleh Toni Kroos di menit ke-95.

Memang, Jerman belum pasti lolos. Tapi kemenangan atas Swedia setidaknya membuat harapan tetap hidup. Jerman tentu tak mau bernasib seperti juara bertahan lain semisal Prancis (2002), Italia (2010), dan Spanyol (2014) yang pernah angkat koper di fase grup.




Kini skuat Joachim Loew akan ditunggu laga penentu di Kazan. Pertandingan lawan Korea Selatan tanggal 27 Juni mendatang bakal jadi momen penentu sang juara bertahan: gembira karena terus melaju atau menangis akibat tersingkir.

"Kami sudah memberikan semaksimal mungkin di laga ini. Kami punya banyak peluang dan kami akhirnya memaksimalkan itu. Memang tidak mudah," ujar bek Jerman Antonio Ruediger kepada detikSport di area mixed zone usai laga.

"Kami akan fokus laga demi laga untuk mencapai target kami, terutama lawan Korea Selatan (dalam laga penentuan di Kazan)," tuturnya menegaskan.




Tonton juga 'Ribut-ribut Usai Laga Jerman Kontra Swedia':

[Gambas:Video 20detik]


(mrp/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed