DetikSepakbola
Senin 25 Juni 2018, 13:47 WIB

Panama: Gol Pertama di Piala Dunia, Tersingkir tapi Tetap Ceria

Redzi Arya Pratama - detikSport
Panama: Gol Pertama di Piala Dunia, Tersingkir tapi Tetap Ceria Fans Panama di Piala Dunia 2018 (Foto: Matthew Childs/Reuters)
Jakarta - Panama merupakan salah satu debutan Piala Dunia 2018. Sudah dipastikan tersingkir, Panama tetap ceria. Apalagi mereka sudah bikin gol pertama di Piala Dunia.

Islandia dan Panama merupakan dua tim yang baru kali ini tampil di gelaran Piala Dunia. Di antara keduanya, Islandia sudah lebih dulu populer berkat kejutannya (juga sebagai debutan) menembus perempatfinal Piala Eropa 2016.

[Gambas:Video 20detik]


Usai matchday pertama Piala Dunia 2018, Islandia juga ramai dibicarakan karena keberhasilannya mengimbangi Argentina. Panama tidak demikian.
Di Piala Dunia 2018, Panama segrup dengan tim-tim tangguh seperti Belgia, Inggris, dan Tunisia di Grup G. Relatif tak ada ekspektasi berlebih untuk Panama. Padahal kelolosan Panama terbilang istimewa usai finis ketiga di Zona CONCACAF di bawah Kosta Rika dan Meksiko. Artinya, Panama lolos ke Rusia dengan mengambil jatah tim-tim lebih ngetop, salah satunya Amerika Serikat.

Panama mengawali debutnya di Piala Dunia dengan kekalahan 0-3 atas Belgia. Sama sekali bukan kejutan. Panama kemudian juga jadi bulan-bulanan Inggris di laga kedua saat digunduli 1-6. Tapi satu gol itu cukup untuk memunculkan rekor buat Panama.


Panama: Gol Pertama di Piala Dunia, Tersingkir tapi Tetap CeriaPemain Panama merayakan gol ke gawang Inggris (Foto: Lucy Nicholson/Reuters)

Ya, gol saat dilumat habis Inggris itu menjadi yang pertama buat Panama di Piala Dunia. Felipe Baloy, pemain berusia 37 tahun, kini akan tercatat sebagai pemain Panama yang bisa mencetak gol untuk negaranya di ajang pesta sepakbola sedunia tersebut.

Baloy bisa kian menepuk dada dengan fakta ini: pada usia 37 tahun 120 hari, ia menjadi pemain tertua ketiga (dengan nama berbeda) yang mampu mencetak gol di Piala Dunia. Baloy hanya kalah dari Roger Milla yang tiga kali melakukannya (42 tahun 39 hari, 38 tahun 34 hari, dan 38 tahun 25 hari), dan Cuauthemoc Blanco (37 tahun 151 hari).




Panama memang sudah dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2018 (walaupun masih menyisakan satu laga). Tapi kubu Panama tetap tampak ceria dengan keikutsertaan pertamanya di Piala Dunia. Apalagi debut itu sudah langsung ditandai dengan gol perdana. Maka jangan heran saat melihat fans Panama melakukan selebrasi luar biasa usai kekalahan atas Inggris -- padahal timnya habis dilumat!


Panama: Gol Pertama di Piala Dunia, Tersingkir tapi Tetap CeriaFans Panama di Piala Dunia 2018 (Foto: Lucy Nicholson/Reuters)

"Kami belajar banyak dari Piala Dunia sejauh ini. Kami mengambil kesimpulan bahwa Panama masih kecil, anak muda di dunia sepakbola, dan tim lain juga tak terlalu memahami gaya main kami," ujar Pelatih Hernan Dario Gomez usai laga lawan Inggris seperti dilansir Sky Sports.

"Ada tiga sampai empat peluang mencetak gol yang kami buat, tapi gagal dikonversi. Sedangkan Inggris tujuh kali membuat peluang dan enam menjadi gol. Kami harus bermain melawan dua tim spektakuler, Belgia dan Inggris. Tapi, itu menjadi fantastis karena di sana lah Anda bisa belajar, menarik simpulan, dan mengatakan dimana tim saat ini," tuturnya.

Panama tetap ceria. Juga bangga. Menjelang kick-off laga pertama lawan Belgia di Fisht Stadium, Sochi, dua komentator di sebuah ruang studio televisi lokal Panama pun viral karena terharu dan tanpa malu meneteskan air mata saat lagu kebangsaannya diputar. Masih ada satu laga lagi lawan Tunisia pada tanggal 28 Juni untuk melengkapi pengalaman pertama Panama di Piala Dunia.



(krs/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed