sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 27 Jun 2018 10:12 WIB

Laporan dari Rusia

Ketegangan Pendukung Argentina di Kaliningrad

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Fans Argentina di Kaliningard. (Foto: Mohamad Resha Pratama/DetikSport)
FOKUS BERITA Nigeria vs Argentina
Kaliningrad - Ketegangan jelas sempat menghinggapi para pendukung Argentina, Rabu (27/6/2018) dinihari WIB. Mereka pun lega akhirnya tim Tango akhirnya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Argentina dalam posisi tidak menguntungkan menjelang pertemuan dengan Nigeria di laga ketiga Grup D yang dihelat di Saint-Petersburg Stadium. Berada di dasar grup hanya dengan satu poin, Argentina wajib mengalahkan Nigeria sambil berharap Islandia gagal menang.

Argentina sedang dalam periode negatif menatap laga itu. Oleh karenanya, wajar kalau para pendukungnya was-was. Tampil buruk di dua laga awal melawan Islandia dan Kroasia. Albiceleste juga kalah telah 0-3 dari Vatreni.

Stadion berkapasitas 64.287 tempat duduk itu nyaris didominasi warna biru langit yang identik dengan seragam Argentina. Ada juga yang menggelar nonton bareng di kota Kaliningrad, salah satu tempat penyelenggaraan laga Piala Dunia 2018.




Memang tak ada pertandingan Argentina yang dimainkan di sana, namun ada saja segelintiran fans Argentina yang mendatangi kota tersebut. Mereka pun turut meramaikan acara nonton bareng di fan festival yang terletak di pusat kota.

Awalnya fan festival tersebut tidak begitu ramai, namun kemudiam ratusan orang nyaris memadati Central Square tersebut ketika pertandingan Nigeria bs Argentina dimulai pukul 20.00 waktu setempat. Beberapa orang berpakaian jersey Argentina, Boca Juniors, dan Barcelona terlihat.

detikSport yang juga datang di acara nonton bareng tersebut melihat sedikit kecemasan di wajah mereka ketika laga baru saja dimulai, sebelum gol Lionel Messi di menit ke-14 membuat para fans Argentina bersukacita.


Keteganagan Pendukung Argentina di KaliningradFoto: Mohamad Resha Pratama/DetikSport


Namun, sukacita yang bertahan hingga jeda babak itu sempat sirna ketika Nigeria mendapat penalti di menit ke-51 yang dieksekusi sempurna oleh Victor Moses. Kondisi ini lantas membuat jantung pendukung fans Argentina kembali berdegub kencang.

Bayang-bayang angkat koper lebih cepat pun kembali muncul, terlebih Argentina tak kunjung bermain baik meski sudah melakukan sejumlah pergantian. Sampai akhirnya umpan Gabriel Mercado dari sisi kanan disambut tendangan kaki kanan Marcos Rojo yang menjebol jala Nigeria.




Pecah sudah fan fest di Kaliningrad oleh para suporter yang memang mendukung Argentina karena lega tim kesayangannya bisa unggul lagi. Kemeriahan makin terasa saat peluit panjang berbunyi karena itu tandanya La Albiceleste sudah memegang tiket 16 besar dan berhak menemani Kroasia yang jadi juara grup.

Dinginnya kota Kaliningrad di malam hari yang mencapai suhu sekitar 14 derajat celcius disertai angin kencang pun tak menghalangi kegembiraan fans Argentina.

"Oh, lega sudah. Benar-benar perjuangan yang begitu luar biasa dari Argentina. Saya sempat dibuat nervous gara-gara gol Nigeria tadi. Untungnya kami bisa menang. Semoga saja tim lebih baik lagi," ujar Mattias, fans Argentina yang datang bersama kedua temannya dari Buenos Aires, kepada detikSport.

Harapan Mattias dan seluruh pendukung Argentina lainnya tentu ingin timnasnya bakal lebih oke lagi dan tak lagi terseok-seok seperti di fase grup. Apalagi lawan berikutnya Argentina adalah salah satu favorit juara Prancis.


(mrp/cas)
FOKUS BERITA Nigeria vs Argentina
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com