Tak Ada Lagi Pasukan 'Son' di Piala Dunia 2018

Femi Diah - Sepakbola
Rabu, 27 Jun 2018 12:50 WIB
Foto: Ueslei Marcelino/Reuters
Jakarta - Sebagai debutan di Piala Dunia, timnas Islandia langsung bikin kejutan mengimbangi Argentina. Kini, sepasukan pemain dengan nama Son itu tak ada lagi.

Islandia membuat Argentina dan Lionel Messi dicibir di Piala Dunia 2018. Baru kali pertama tampil di Piala Dunia, mereka berhasil mengimbangi Albiceleste yang sudah dua kali juara dunia .

Hasil imbang dengan Argentina itu membuat Islandia memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Bahkan, potensi itu itu dimiliki Islandia hingga laga terakhir di babak grup.


Baca juga: Akhirnya, Messi!


Selain hasil itu, timnas Islandia membetot perhatian dengan nama punggung mereka. Hampir seluruh nama pemain berakhiran '-son'.

Di antara pemain dalam timnas Islandia ke Piala Dunia 2018, hanya satu pemain yang tak memiliki -son. Dia kiper ketiga, Frederik Schram.

Schram memang berdarah Islandia. Tapi, dia blasteran dengan Denmark. Ibunyalah yang asli Islandia, sedangkan ayahnya dari Denmark. Schram juga lahir di Denmark.

Baca Juga: Islandia Jadi Negara Pertama yang Umumkan Skuat Piala Dunia 2018

Akhiran -son itu bukan cuma jamak bagi pria di Islandia. Itu sudah diatur lewat sebuah Komite Nama Islandia, Mannanafnanefnd. Bukan cuma nama laki-laki yang memiliki patokan tegas, nama perempuan juga diatur, yakni berakhiran dottir.

Aturan penggunaan -son dan -dottir baru sebagain dari deret panjang aturan komite tersebut. Mereka bahkan berhak meloloskan atau menolak pengajuan nama penduduk.

Menilik skuat timnas Islandia itu juga makin membuat jidat berkerut. Sebab, beberapa di antaranya memiliki profesi lain. Sang pelatih, Heimir Hallgrímsson, adalah seorang dokter gigi yang masih berpraktik.

Baca Juga: Kroasia dan Argentina Lolos, Ini Klasemen Akhir Grup D Piala Dunia 2018

Kiper utamanya, Thor Halldorsson, yang menggagalkan penalti Messi, bahkan menjadi perbincangan sebelum Piala Dunia 2018 mulai karena dialah yang membuat video promo ajang itu.

Tapi, sepasukan pemain dengan nama belakang berakhir -son berbagai profesi itu tak ada lagi. Mereka tersingkir dari Piala Dunia 2018 setelah dikalahkan Kroasia 2-1.


(fem/krs)