Balas Dendam Korea atas Jerman di Waktu yang Tidak Ideal

Andi Abdullah Sururi - Sepakbola
Kamis, 28 Jun 2018 01:40 WIB
Foto: Dylan Martinez/REUTERS
Kazan - Selain membanggakan warganya, kemenangan Korea Selatan atas Jerman boleh sedikit disesali karena datang di waktu yang tidak ideal.

Sebab, kemenangan tersebut terjadi setelah Korea menelan kekalahan pada dua pertandingan pertamanya di Piala Dunia 2018, dari Swedia dan Meksiko, yang membuat peluang untuk lolos sangatlah kecil -- kecuali Swedia kalah dari Meksiko, tapi mereka malah menang telak 3-0.

Padahal, ini adalah sebuah pembalasan dendam lama Korea atas Jerman. Di Piala Dunia 2002, saat menjadi tuan rumah bersama Jepang, sensasi Taegeuk Warriors baru terhenti ketika bertanding melawan Jerman di babak semifinal.
Balas Dendam Korea atas Jerman di Waktu yang Tidak Ideal
Setelah berturut-turut menaklukkan Portugal di fase grup, lalu Italia di babak 16 besar, dan Spanyol di perempatfinal, Korea akhirnya kandas di tangan Jerman yang kemudian menjadi runner-up. Mereka kalah 0-1 oleh gol tunggal Michael Ballack.

Tak heran jika seusai kemenangan balasan mereka atas Jerman di Kazan, Rabu (27/6) malam, Son Heung Min dkk. tetap merasa sedih. Sejumlah pemainnya meneteskan airmata, karena bagaimanapun kiprah mereka di Piala Dunia 2018 telah selesai.

Meski demikian, kepulangan mereka ke tanah airnya kelak hampir dipastikan tetap disambut positif oleh warganya. Menyingkirkan juara bertahan tetapkan sebuah pencapaian istimewa.


Tonton di Sini, 2 Gol Korsel yang Pulangkan Jerman:

[Gambas:Video 20detik]

(a2s/raw)