sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 28 Jun 2018 17:30 WIB

Laporan dari Kaliningrad

Jerman Tersingkir, Brasil Menang, Semua Senang

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Fans Jerman di Kaliningrad (Foto: Mohamad Resha Pratama/DetikSport) Fans Jerman di Kaliningrad (Foto: Mohamad Resha Pratama/DetikSport)
FOKUS BERITA Jerman Tersingkir!
Kaliningrad - Jerman sudah tersingkir dari ajang Piala Dunia 2018. Kandasnya itu membuat banyak orang senang, fans Brasil dan fans Inggris contohnya.

Kejutan terjadi di Rusia ketika juara bertahan Jerman langsung masuk kotak di fase grup. Butuh kemenangan lawan lawan Korea Selatan di Kazan Arena, Kamis (27/6/2018) malam WIB, Die Mannschaft malah kalah dua gol tanpa balas.

Datang dengan status unggulan, Jerman mengakhiri kiprahnya sebagai juru kunci Grup F dengan satu kemenangan dan dua kekalahan. Performa tim sedang tak bagus sepanjang tahun ini, hingga tersingkirnya Jerman bisa diramalkan.

Apalagi sejak kekalahan dari Meksiko, fans Jerman juga sadar bahwa tim kesayangannya berpeluang besar tak lolos dan itu terbukti di akhir fase grup.

"Jerman memang tak bagus di Piala Dunia ini. Lihat saja lawan Meksiko di laga awal dan Swedia. Kalaupun tersingkir itu sudah pantas, tapi bila lolos mereka akan langsung keok di 16 besar," ujar salah satu fans Jerman, Theo, yang ditemui detikSport di pusat kota Kaliningrad sesaat sebelum duel itu.


Jerman Tersingkir, Brasil Senang, Semua Senang
Jerman Tersingkir, Brasil Senang, Semua SenangFoto: Mohamad Resha Pratama/DetikSport


Penyesalan Theo itu lantas berbanding 180 derajat dengan Gonzalo, yang datang jauh-jauh dari Brasil untuk menonton pertandingan Piala Dunia di Kaliningrad. Dia sendiri memang tidak bisa menonton aksi tim kesayangannya untuk kemudian menonton pertandingan lainnya.

Gonzalo dan kedua temannya mendatangi fans fest Kaliningrad untuk menonton bareng laga Brasil versus Serbia. Pada laga ketiga Grup E itu, Selecao menang 2-0 sekaligus lolos ke 16 besar.

Pantas kalau Gonzalo senang. Sebabnya, tim Samba bisa saja berhadapan Jerman kalau tim asuhan Joachim Loew itu lolos ke fase knockout.

"Kemenangan Brasil dan juga kekalahan Jerman, itu hari yang sempurna untuk kami (fans Brasil). Saya senang merayakannya bersama fans Brasil lainnya," kata Gonzalo yang empat tahun lalu menyaksikan kekalahan Brasil dari Jerman dengan skor 1-7 itu,.

Selain Gonzalo, ada juga segelintir fans Inggris yang bersorak-sorai atas kegagalan Jerman mengingat rivalitas keduanya. Perayaan Jerman masuk kotak makin menyemarakkan pub-pub yang dipenuni fans Inggris yang bersiap menonton laga kontra Belgia besok.

"Wow, tentunya kami senang Jerman tidak lolos karena kami tidak suka mereka. Hasil luar biasa sekaligus mengejutkan. Ya, semoga saja Inggris bisa dipermudah jalannya di Piala Dunia ini," papar Harry yang merupakan fans asal Manchester itu.




Jerman Gugur, Brasil pun Senang:

[Gambas:Video 20detik]

(mrp/cas)
FOKUS BERITA Jerman Tersingkir!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com