sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 29 Jun 2018 05:15 WIB

Klasemen Grup H Piala Dunia 2018: Kolombia ke Fase Knockout Didampingi Jepang

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Kolombia saat mengalahkan Senegal 1-0. (Foto: Carlos Garcia Rawlins/Reuters) Kolombia saat mengalahkan Senegal 1-0. (Foto: Carlos Garcia Rawlins/Reuters)
Jakarta - Kolombia mengamankan tempat di fase knockout sekaligus menjuarai Grup H. Kolombia dibarengi Jepang, yang lolos berkat keunggulan fair play point dari Senegal.

Laju Kolombia ka babak 16 besar dipastikan setelah mengatasi perlawanan Senegal 1-0 di Samara Arena, Kamis (28/6/2018). Gol semata wayang Los Cafeteros dicetak pemain bertahannya, Yerry Mina, di babak kedua.


Dengan kemenangan ini, Kolombia mengakhiri babak penyisihan di peringkat pertama dengan enam poin. Jepang di bawah Kolombia dengan nilai empat, sama dengan Senegal.

Namun, Jepang berhak mendapat tiket lolos setelah unggul fair play point karena memiliki kartu kuning yang lebih sedikit (4) dari Senegal (6).


Tersingkirnya Senegal turut mencoreng wajah sepakbola Afrika. Wakil Afrika habis setelah sebelumnya, Tunisia, Mesir, Nigeria, dan Maroko lebih dulu tereliminasi. Situasi ini terulang kembali di Piala Dunia untuk pertama kali sejak 1982.

Selanjutnya, Kolombia akan melawan runner-up Grup G Inggris di babak 16 besar. Sedangkan Jepang menantang kuda hitam Belgia, yang menjadi juara grup G.

(rin/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com