Lagi, Spanyol Tersingkir dari Piala Dunia meski Tak Pernah Kalah

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Senin, 02 Jul 2018 10:43 WIB
Spanyol tersingkir dari Piala Dunia 2018 meski tidak pernah kalah (Foto: Carl Recine/Reuters)
Jakarta - Langkah Spanyol di Piala Dunia 2018 terhenti di babak 16 besar. Spanyol pulang kendati tak pernah menelan kekalahan dalam sebuah pertandingan.

Kiprah Spanyol di Piala Dunia 2018 dihentikan oleh Rusia. Dalam pertandingan babak 16 besar di Luzhniki Stadium, Minggu (1/7/2018) malam WIB, Spanyol harus mengakui keunggulan Rusia dalam adu penalti dengan skor 3-4 usai bermain imbang 1-1 sampai extra time.

Mengesampingkan adu penalti, Spanyol berarti tersingkir dari Rusia tanpa pernah merasakan kekalahan dalam suatu pertandingan. Di fase grup, La Furia Roja mencatat satu kemenangan dan dua hasil imbang dari tiga pertandingan.


Ini jadi kali kedua Spanyol tersingkir dari Piala Dunia tanpa kalah di suatu pertandingan. Sebelumnya, Spanyol pernah mengalami hal yang sama di Piala Dunia 2002.

Kala itu langkah Spanyol terhenti di babak perempatfinal. Sama seperti kegagalan di 2018, Spanyol di 2002 juga disingkirkan oleh tuan rumah --yakni Korea Selatan-- lewat adu penalti. Skor pertandingan sampai babak perpanjangan waktu saat itu adalah 0-0.

Dalam perjalanannya sampai perempatfinal, Spanyol tidak pernah kalah. Di babak grup, Spanyol yang saat itu dilatih Jose Antonio Camacho itu tampil sempurna dengan tiga kemenangan.

Spanyol lantas bertemu Republik Irlandia di babak 16 besar. Imbang 1-1 sampai babak perpanjangan waktu, Spanyol akhirnya lolos ke perempatfinal setelah menang 3-2 dalam adu penalti.

(nds/krs)